Perilaku Konsumsi Mahasiswa Dalam Fashion Involvement Perspektif Monzer Kahf

Ningsih, Dian Eka Aprilia (2023) Perilaku Konsumsi Mahasiswa Dalam Fashion Involvement Perspektif Monzer Kahf. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E-THESES_DIAN EKA APRILIA NINGSIH_401190054.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ningsih, Dian Eka Aprilia. Perilaku Konsumsi Mahasiswa Dalam Fashion Involvement Perspektif Monzer Kahf. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Muhtadin Amri, M.S.Ak.

Kata kunci : Fashion involvement, konsumsi islam, Monzer Kahf, mahasiswa.
Banyaknya model fashion dapat mengakibatkan keterlibatan konsumen terhadap model produk fashion yang terbaru, terlebih dari kalangan remaja. Salah satu konsumen fashion dari golongan remaja adalah mahasiswa IAIN Ponorogo dimana mahasiswa berada di lingkungan yang memiliki suatu kelompok sehingga informasi mengenai fashion semakin mudah didapatkan. Hal ini didorong oleh kebutuhan dan ketertarikan konsumen pada produk tersebut atau dapat disebut dengan fashion involvement. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis perilaku konsumsi mahasiswa IAIN Ponorogo angkatan 2019-2021 dan faktornya yang mempengaruhi serta dampak dari fashion involvement menggunakan teori konsumsi Monzer Kahf.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif, dimana peneliti menggunakan data primer dengan mengambil data perilaku konsumsi informan dalam fashion involvement, faktor yang mempengaruhi dan dampaknya. Juga dari data sekunder yang berasal dari jurnal, buku, dan sumber lainnya. Dengan jenis penelitian field research peneliti terjun secara langsung ke lapangan untuk melakukan wawancara semi terstruktur dengan informan penelitian yaitu mahasiswa IAIN Ponorogo angkatan 2019-2021 sebanyak 35 informan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa IAIN Ponorogo angkatan 2019-2021 dalam mengonsumsi fashion ditinjau dari pemikiran teori konsumsi Monzer Kahf, informan memiliki fashion involvement yang tinggi sehingga perilaku konsumsi fashion informan belum sepenuhnya sesuai dengan teori konsumsi Monzer Kahf. Beberapa faktor yang mempengaruhi konsumsi fashion informan telah sesuai dengan teori yang dikemukakan Monzer Kahf yaitu faktor ekosogus yang meliputi pendapatan, selera, teknologi, kesehatan lingkungan, kebudayaan, agama, legalitas dan faktor endogenus yang meliputi informasi harga produk di pasar, keberadaan barang subtitusi dan komplementer di pasar. Sedangkan dampak dari fashion involvement informan yang tinggi adalah dapat menyebabkan pengurangan tabungan, meningkatkan inflasi, menurunkan pertumbuhan ekonomi dan menurunkan kesejahteraan. Dalam hal meningkatkan hutang, informan sangat menghindari hal tersebut sehingga dampak pemborosan yang dikemukakan Monzer Kahf sesuai dengan dampak yang dialami informan kecuali pada peningkatan hutang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 May 2023 02:40
Last Modified: 02 May 2023 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22682

Actions (login required)

View Item View Item