..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..DAMPAK HUBUNGAN SOSIAL ANTARA PIMPINAN DAN KARYAWAN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA DI PT LINGGARJATI MAHARDIKA MULIA

Mustahpiroh, Khusnul (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..DAMPAK HUBUNGAN SOSIAL ANTARA PIMPINAN DAN KARYAWAN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA DI PT LINGGARJATI MAHARDIKA MULIA. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
401190095_KHUSNUL MUSTAHPIROH_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mustahpiroh, Khusnul, 2023. Dampak Hubungan Sosial Antara Pimpinan dan Karyawan Terhadap Efektivitas Kerja di PT Linggarjati Mahardika Mulia. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agma Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Luthfi Hadi Aminuddin.

Kata Kunci: Hubungan Sosial, PT Linggarjati Mahardika Mulia.
Hubungan sosial merupakan suatu yang penting dalam perusahaan. semakin baik terjalinnya hubungan sosial di perusahaan semakin baik pula kinerja di perusahaan. Akan tetapi, terdapat permasalahan di lapangan yaitu kurang terjalinnya hubungan sosial yang baik antara pimpinan dan karyawannya. Hal ini karena belum maksimalnya kontak sosial yang dilakukan di PT Linggarjati Mahardika Mulia, dimana pemimpin hanya dekat dengan beberapa karyawan saja yang dirasa memiliki hubungan dekat dengannya atau yang jabatannya tinggi, ditambah lagi dengan kesibukan pimpinan. Yang hal itu berakibat terjadi kecemburuan bagi karyawan lain dan karyawan sungkan untuk sekedar berjabat tangan ataupun menyapa, sehingga karyawan sendiri bekerja dengan perasaan yang kurang nyaman. Ditambah lagi berdasarkan salah satu karyawan yang mengatakan pernah mengalami adanya diskomunikasi dengan pimpinan, dengan pimpinan menjanjikan sesuatu akan tetapi hanya dilupakan begitu saja yang hal tersebut berakibat pada semangat dari kinerja karyawan karyawan itu sendiri.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana hubungan sosial yang ada di PT Linggarjati Mahardika Mulia, mengetahui faktor yang melatarbelakangi hubungan sosial, serta dampak dari hubungan sosial itu sendiri. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif yang dipilih oleh peneliti bersifat deduktif. Peneliti menggunakan triangulasi sumber untuk jenis tringulasi, dengan menggali kebenaran informasi melalui memperbanyak sumber wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan sosial yang terjadi di PT Linggarjati Mahardika Mulia dalam melakukan kerjasama sudah dikatakan baik akan tetapi masih kurang dilakukannya kontak sosial dan komunikasi, dimana pimpinan hanya melakukan kontak sosial ke beberapa karyawan saja yang dirasa dekat yang hal itu berakibat pada rasa kecemburuan karyawan lain. Dimana hubungan sosial terbentuknya dari beberapa faktor seperti faktor sosial, faktor ekonomi, faktor budaya. Dengan dampak dari adanya hubungan sosial tersebut seperti proses internalisai, enkulturisasi, proses sosialisasi, dan juga mendorong inovasi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 May 2023 02:39
Last Modified: 02 May 2023 02:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22681

Actions (login required)

View Item View Item