Manajemen Program Siaran "Spirit Magetan" Di Radio RASI FM Magetan

Angguningtyas, Rosita (2023) Manajemen Program Siaran "Spirit Magetan" Di Radio RASI FM Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
e-Theses_Rosita Angguningtyas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada era saat ini media massa berkembang sangat pesat, baik media cetak ataupun media elektronik semakin bersaing antara satu dengan yang lainnya dalam menarik minat masyarakat. Radio sebagai media massa menjadi alat dalam penyampaian suatu pesan atau informasi kepada khalayak. Dan pada era saat ini radio juga sudah mengikuti perkembangan teknologi digital. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di era digital saat ini, radio memerlukan suatu manajemen program siaran yang baik agar program radio tetap menarik minat pendengar dan juga tetap terjaga eksistensinya. Sehingga program siaran Spirit Magetan di radio RASI FM Magetan harus memiliki suatu manajemen program siaran yang baik agar acaranya semakin diminati masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen program siaran “Spirit Magetan” di Radio RASI FM Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan prosedur pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi bagian Kepala Studio dan Penyiar Radio. Hasil perolehan data dilakukan analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menerangkan bahwa dalam manajemen program siaran “Spirit Magetan” di Radio RASI FM Magetan ini menggunakan empat fungsi manajemen yaitu pertama perencanaan (planning) yang meliputi penentuan tujuan Program Spirit Magetan, Penentuan Wilayah Sasaran Pendengar Program Spirit Magetan, Penentuan Jam Tayang Program Spirit Magetan, Penetuan Dai dalam Program Spirit Magetan, Proses Pengeditan File Rekaman Program Spirit Magetan, dan Biaya Operasional Radio. Kedua, pengorganisasian (organizing) di Program Spirit Magetan pengorganisasiannya dihandle langsung oleh penyiar yang bertugas, mulai dari proses sebelum pengudaraan hingga pengudaraan. Ketiga, tindakan (actuanting) dalam hal ini atasan selalu memberikan motivasi yang baik kepada karyawannya, menjalin komunikasi yang baik antara atasan dan karyawan, atasan menerapkan kepemimpinan yang dapat memberikan pengaruh yang baik untuk karyawannya, dan atasan juga memberikan pelatihan untuk karyawannya. Keempat, pengawasan (controlling) dilakukan untuk mengetahui kendala apa saja yang terjadi mulai dari sebelum pengudaraan hingga selesai pengudaraan, radio RASI FM selalu mengadakan rapat setiap dua kali dalam seminggu agar kendala yang dihadapi bisa ditemukan solusinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:34
Last Modified: 18 Apr 2023 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22665

Actions (login required)

View Item View Item