Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Pembinaan Akhlak Generasi Alpha Terhadap Orang Tua Di Desa Wonosidi Kec. Tulakan Kab. Pacitan

Kurniansyah, Rahma (2023) Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Pembinaan Akhlak Generasi Alpha Terhadap Orang Tua Di Desa Wonosidi Kec. Tulakan Kab. Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RAHMA KURNIANSYAH.pdf

Download (910kB) | Preview

Abstract

Generasi Alpha merupakan generasi yang paling muda saat ini, yaitu lahir pada tahun 2010 hingga tahun 2025 mendatang. Dimulai pada tahun 2010 yaitu bertepatan dengan era digital dimulai yang didominasi oleh gadget. Generasi Alpha tumbuh dikelilingi oleh teknologi sebagai hiburan serta sudah dapat menikmati kecanggihan layar pintar dalam kehidupannya sejak usia sangat dini. Hal tersebut menimbulkan dampak negatif terhadap perilaku atau akhlak anak khususnya generasi alpha yang mengalami perubahan seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, karena anak cenderung meniru apa yang mereka lihat bahkan mempraktekannya. Dengan demikian sebagai orang tua harus melakukan pembinaan akhlak pada anak-anak generasi Alpha sejak usia masih dini, sehingga anak akan terbiasa berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai agama. Dalam pembinaan akhlak dibutuhkan pola komunikasi yang efektif, agar anak lebih mudah menerima pembinaan akhlak dari orang tuanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk pembinaan akhlak, pola komunikasi orang tua dalam membina akhlak generasi alpha dan hasil pola komunikasi orang tua dalam membina akhlak generasi alpha terhadap orang tua. Lokasi penelitian ini adalah Desa Wonosidi Kec. Tulakan Kab. Pacitan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif oleh Miles dan Huberman, sedangkan teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Bentuk-bentuk pembinaan akhlak yang dilakukan oleh orang tua dalam membina akhlak generasi alpha terhadap orang tua ada empat, yaitu metode pembiasaan, metode teladan, metode perintah dan metode larangan; Pola komunikasi yang digunakan oleh orang tua dalam pembinaan akhlak generasi alpha terhadap orang tua ada dua, yaitu pola komunikasi demokratis (authoritative) dan pola komunikasi otoriter (authoritarian); Hasil dari pola komunikasi orang tua dalam pembinaan akhlak generasi alpha terhadap orang tua di Desa Wonosidi Kec. Tulakan Kab. Pacitan, yaitu Pola komunikasi demokratis (authoritative) memiliki pengaruh yang baik pada perkembangan akhlak anak, anak mampu menerima pesan yang disampaikan oleh orang tua dan bertindak sesuai nasehat orang tua. Sedangkan, pola komunikasi otoriter (authoritarian) memiliki pengaruh yang kurang baik pada perkembangan akhlak anak, anak tidak mau mematuhi perintah orang tua dan justru banyak membangkang nasehat orang tua.
Kata Kunci: Pola Komunikasi, Pembinaan Akhlak, Generasi Alpha

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing Uswatul Hanifah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Apr 2023 01:17
Last Modified: 17 Apr 2023 01:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22659

Actions (login required)

View Item View Item