..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PAI KELAS X AGAMA MADRASAH ALIYAH NEGERI PACITAN.

Saputra, M Akmal Rizky (2022) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PAI KELAS X AGAMA MADRASAH ALIYAH NEGERI PACITAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 201180137 M AKMAL RIZKY SAPUTRA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saputra, Rizky Akmal M, 2022. Kompetensi Profesional Guru Dalam Mengembangkan Minat Berlajar Siswa Pada Materi PAI Kelas X Agama Madrasah Aliyah Negeri Pacitan. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Ponorogo. Pembimbing Nur Kolis, S.Ag., M.Ag., Ph.D.
Kata Kunci: Materi PAI, Kompetensi Profesional Guru, Minat Belajar Siswa.

Guru merupakan faktor penentu tinggi rendahnya kualitas hasil pendidikan. Sekalipun demikian, posisi strategi guru untuk meningkatkan mutu pendidikan juga sangat dipengaruhi oleh kemampuan profesional, kesejahteraan, dan lain-lain. Untuk itu, guru dituntut untuk memiliki kemampuan yang tinggi, senantiasa menguasai materi yang akan diajarkan, dan selalu mengembangkan serta meningkatkan kemampuan dalam hal ilmu yang dimilikinya. Di Madrasah Aliyah Negeri Pacitan kemampuan guru dalam mengembangkan materi masih minim termasuk pengetahuan guru tentang tugas dan tanggung jawabnya di madrasah sehingga sebagian siswa mempunyai minat belajar yang tinggi dan ada juga yang rendah dalam belajar
Penelitian menggunakan metode kualitatif yang bertujuan menggambarkan bagaimana keadaan dan fenomena yang sebenarnya, kemudian dideskripsikan ke dalam laporan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu trianggulasi meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan kompetensi professional guru di MAN Pacitan, (2) Menjelaskan upaya yang dilakukan guru dalam rangka meningkatkan minat belajar siswa, (3) Menjelaskan minat belajar siswa kelas X Agama di MAN Pacitan.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: (1) Dalam dunia Pendidikan Khususnya Pendidikan Agama Islam Kompetensi Professional guru di MAN Pacitan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dalam mendidik murid-muridnya, sehingga latar belakang Pendidikan Guru atau Pendidik itu sangat penting dan harus linear sesuai dengan mata pelajaran yang diembannya, (2) Upaya yang dilakukan guru di MAN 1 Pacitan dalam meningkatkan belajar siswa adalah dengan cara membentuk karakter siswa, memberikan motivasi, mengarahkan, memberikan reward kepada peserta didik dan lain sebagainya. (3) Minat belajar siswa MAN Pacitan adalah masih kurangnya semangat dan masih banyak peserta didik yang tidak menghiraukan guru pada saat pembelajaran yang mana hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor baik itu faktor dari keluarga, lingkungan dan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kholis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Apr 2023 01:16
Last Modified: 17 Apr 2023 01:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22656

Actions (login required)

View Item View Item