Pengaruh Islamic Corporate Governance Dan Komite Audit Terhadap Fraud Pada Bank Umum Syariah Non Devisa Tahun 2015 -2020

Ningsih, Ulfa Ayuk (2023) Pengaruh Islamic Corporate Governance Dan Komite Audit Terhadap Fraud Pada Bank Umum Syariah Non Devisa Tahun 2015 -2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817155_Ulfa Ayuk Ningsih_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak

Ningsih, Ulfa Ayuk. Pengaruh Islamic Corporate Governance dan Komite Audit terhadap Fraud pada Bank Umum Syariah Non Devisa Tahun 2015-2020. Skripsi. 2023. Jurusan Perbankan Syariah, Fakutas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Maulida Nurhidayati,M.Si.
Kata Kunci: Fraud, Islamic Corporate Governance dan Komite Audit.
Fraud merupakan tindakan kecurangan yang dilakukan sedemikian rupa sehingga dapat menguntungkan diri sendiri, kelompok atau pihak lain. Fraud pada Bank Umum Syariah Non Devisa mencakup berbagai hal yang berkaitan dengan kecurangan dalam laporan keuangan, penyalahgunaan aset, penipuan, pembobolan informasi data dan korupsi. Mayoritas Bank Umum Syariah Non Devisa telah melakukan penerapan Islamic Corporate Governance dengan peringkat 1-3. Bank Umum Syariah Non Devisa juga telah membentuk komite audit sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.55/POJK.04/2015 tentang pembentukan dan Pedoman Pelaksanaan Kerja Komite Audit. Namun, pada kenyataannya kompenen tersebut tidak sejalan dengan teori, dimana masih banyak kasus fraud yang terjadi pada Bank Umum Syariah Non Devisa.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Islamic Corporate Governance dan komite audit terhadap fraud Bank Umum Syariah Non Devisa Tahun 2015-2020. Sampel penelitian ini adalah 6 Bank Umum Syariah Non Devisa dengan 36 unit data yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Model regresi logistik ordinal dipilih sebagai teknik analisis dan menggunakan software SPSS 16.0 sebagai alat bantu analisis. Fraud yang ditetapkan sebagai variabel dependen, sedangkan islamic corporate governace dan komite audit ditetapkan sebagai variabel independen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islamic Corporate Governance tidak berpengaruh terhadap fraud. Sedangkan komite audit berpengaruh terhadap fraud. Islamic Corporate Governace dan komite audit secara simultan berpengaruh terhadap fraud dan mampu menjelaskan variasi fraud sebesar 29%, sedangkan sisanya 71% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:20
Last Modified: 14 Apr 2023 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22655

Actions (login required)

View Item View Item