PERBANDINGAN PEMBERITAAN TENTANG UU PERLINDUNGAN DATA PRIBADI DI MEDIA TRIBUNNEWS.COM DAN ANTARANEWS.COM (ANALISIS FRAMING MODEL ROBERT N. ENTMAN PERIODE SEPTEMBER 2022)

Susanti, Defi (2023) PERBANDINGAN PEMBERITAAN TENTANG UU PERLINDUNGAN DATA PRIBADI DI MEDIA TRIBUNNEWS.COM DAN ANTARANEWS.COM (ANALISIS FRAMING MODEL ROBERT N. ENTMAN PERIODE SEPTEMBER 2022). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DEFI SUSANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media online merupakan salah satu media yang sangat mempermudah masyarakat dan digemari untuk mencari sebuah berita maupun informasi. Penelitian ini meneliti sepuluh berita yang mana masing-masing lima berita dari media Tribunnews.com dan Antaranews.com tentang UU Perlindungan Data Pribadi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan pembingkaian berita di media Tribunnews.com dan Anataranews.com serta menganalisis perbedaan framing berita dari kedua media tersebut mengenai UU Perlindungan Data Pribadi. Adapun rumusan masalahnya yaitu (1) Bagaimana bingkai berita di media Tribunnews.com dan Antaranews.com tentang Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi dengan model analisis framing Robert N. Entman? (2) Bagaimana perbedaan framing berita tentang Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi di media Tribunnews.com dan Antaranews.com dengan model analisis framing Robert N. Entman?
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif studi literature dengan jenis penelitian deskriptif komparatif. Pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis framing model Robert N. Entman dengan empat dimensi struktural yaitu define problems, diagnose causes, make moral judgement, dan treatment recommendation.
Hasil dari penelitian ini adalah dilihat dari elemen framing define problems, media Tribunnews.com menuliskan tanggapan dari pihak yang kebanyakan kontra terhadap UU PDP sedangkan media Antaranews.com menuliskan tanggapan dari beberapa pihak yang menginformasikan UU PDP. Diagnose causes, media Tribunnews.com menuliskan hal-hal yang menjadi problem dalam penyusunan hingga pengesahan UU PDP sedangkan media Antaranews.com menuliskan adanya hal-hal yang menjadikan UU PDP ini sangat diperlukan dalam dunia digital. Make moral judgement, media Tribunnews.com menampilkan nilai moral yang menyatakan bahwasannya penyusunan hingga pengesahan UU PDP dinilai menyalahi prinsip sedangkan media Antaranews.com berusaha memberikan ketegasan dalam pengimplementasian UU PDP. Treatment recommendation, media Tribunnews.com menunjukkan penyelesaian permasalahan yakni dengan melakukan pengkajian ulang sedangkan Antaranews.com hanya memberikan informasi dari beberapa pihak mengenai UU PDP. Adapun perbandingan framing diantara keduanya yaitu Tribunnews.com cenderung ingin menarik minat pembaca dan menonjolkan keberpihakan sedangkan Antaranews.com cenderung menginformasikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:20
Last Modified: 14 Apr 2023 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22654

Actions (login required)

View Item View Item