..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN STRATEGIK PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN SISWA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELLUARGA HARAPAN DI SDI AL-AMNANIYAH KARANGJATI NGAWI

Hidayati, Arini Nurul, Arini (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN STRATEGIK PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN SISWA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELLUARGA HARAPAN DI SDI AL-AMNANIYAH KARANGJATI NGAWI. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS_ARINI_502210006_MPI PASCA_etheses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka mensejahterakan masyarakat dan mempermudah akses pendidikan bagi semua kalangan ekonomi, khusunya pada kalangan ekonomi menengah ke bawah, pada tahun 2007 Kementrian Sosial mengeluarkan suatu program bantuan sosial tunai bersyarat yang bernama Program Keluarga Harapan. Program Keluarga Harapan (PKH) ini salah satunya membantu para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam bidang pendidikan. Dengan harapan dapat memberdayakan pendidikan bagi siswa penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH). SDI Al-Amnaniyah Karangjati Ngawi merupakan sekolah dasar Islam swasta yang 30% siswanya mendapatkan manfaat dari Program Keluarga Harapan (PKH). Dalam proses memberdayakan pendidikan guna mencapai tujuan yang diharapkan, diperlukan kerja sama dari semua SDM PKH dan pihak-pihak yang terkait. Maka dari itu diperlukan suatu manajemen strategik pemberdayaan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan, mendeskripsikan dan menganalisis formulasi strategi, implementasi strategi, evaluasi strategi dan dampak manajemen strategi pemberdayaan pendidikan siswa penerima manfaat Program Keluarga Harapan di SDI Al-Amnaniyah Karangjati Ngawi. Peneliti menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif dengan studi kasus tunggal, yaitu lokasi penelitian hanya satu. Peneliti dalam mengumpulkan data penelitian dengan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Dalam menganalisis data penelitian, peneliti menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana sebagai acuan. Analisis data penelitian berisi pengumpulan data, pengayaan data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Formulasi strategi pemberdayaan pendidikan siswa penerima manfaat Program Keluarga Harapan di SDI Al-Amnaniyah Karangjati Ngawi meliputi perumusan visi, misi, dan tujuan, asesmen lingkungan internal dan eksternal dan penyusunan rencana kerja; 2) Implementasi strategi pemberdayaan pendidikan siswa penerima manfaat Program Keluarga Harapan di SDI Al-Amnaniyah Karangjati Ngawi meliputi pengorganisasian/job description, sistem controlling/supervisi, verifikasi pendidikan, dan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2); 3) Evaluasi strategi pemberdayaan pendidikan siswa penerima manfaat Program Keluarga Harapan di SDI Al-Amnaniyah Karangjati Ngawi yaitu rapat koordinasi dan kunjungan ke rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM); 4) Dampak manajemen strategi pemberdayaan pendidikan siswa penerima manfaat Program Keluarga Harapan di SDI Al-Amnaniyah Karangjati Ngawi yaitu dapat meningkatkan prestasi akademik dan non akademik, dapat memberdayakan pendidikan penerima manfaat Program Keluarga Harapan di SDI Al-Amnaniyah Karangjati Ngawi.
Kata Kunci: Manajemen Strategik, Pemberdayaan Pendidikan, Program Keluarga Harapan

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:41
Last Modified: 10 Apr 2023 01:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22645

Actions (login required)

View Item View Item