..(SESUAIKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TEMPLATE YANG ADA DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH IKLIM, KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH, DAN EMOTIONAL INTELLIGENCE TERHADAP KINERJA GURU MI PLUS AL-ISLAM DAGANGAN MADIUN

Savitri, Diva (2023) ..(SESUAIKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TEMPLATE YANG ADA DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH IKLIM, KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH, DAN EMOTIONAL INTELLIGENCE TERHADAP KINERJA GURU MI PLUS AL-ISLAM DAGANGAN MADIUN. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS_DIVA SAVITRI_502210013_MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kinerja guru di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun. Permasalahan tersebut ditunjukkan oleh masih terdapat kurang lebih 35% guru yang belum mampu menguasi kelas dalam proses belajar mengajar dengan baik, serta kurangnya kepekaan dan komitmen guru kepada siswa saat proses belajar mengajar berlangsung. Selain itu, dari segi penyusunan rencana pembelajaran terdapat beberapa guru yang belum sepenuhnya menyusun rencana pembelajaran tersebut dengan baik. Peneliti mengambil lokasi penelitian di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun, karena fakta di lapangan tersebut kontradiktif dengan penilaian kualitas lembaga yang berakreditasi A dan menjadi lembaga dengan jumlah murid terbanyak se-Kabupaten Madiun.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap kinerja guru MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun Tahun Ajaran 2022/2023. (2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh iklim Madrasah terhadap kinerja guru MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun Tahun Ajaran 2022/2023 (3) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh Emotional Intelligence guru terhadap kinerja guru MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun Tahun Ajaran 2022/2023. (4) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh kepemimpinan Kepala Madrasah, iklim madrasah, dan Emotional Intelligence guru terhadap kinerja guru MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun yang berjumlah 80 orang. Adapun teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda.
Hasil analisis menunjukkan: (1) Kepemimpinan Kepala Madrasah berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun Tahun Ajaran 2022/2023, dengan pengaruh sebesar 21,5%. (2) Iklim Madrasah berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun Tahun Ajaran 2022/2023, dengan pengaruh sebesar 24,4%. (3) Emotional Intelligence guru berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun Tahun Ajaran 2022/2023, dengan pengaruh sebesar 51,4%. (4) Kepemimpinan Kepala Madrasah, iklim madrasah, dan Emotional Intelligence guru berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun Tahun Ajaran 2022/2023, dengan pengaruh sebesar 55,1%.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:38
Last Modified: 10 Apr 2023 01:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22644

Actions (login required)

View Item View Item