..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TAISIRUL AL-KHALLAQ DALAM MEMBANGUN AKHLAK SANTRI PESANTREN THORIQUL HUDA CEKOK BABADAN PONOROGO

Murniawasih, Murniawasih (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TAISIRUL AL-KHALLAQ DALAM MEMBANGUN AKHLAK SANTRI PESANTREN THORIQUL HUDA CEKOK BABADAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180386_MURNIAWASIH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Murniawasih 2022. Implementasi Pembelajaran Kitab Taisirul al-Khallaq dalam Membangun Akhlak Santri Pesantren Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, H. Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci: Pembelajaran, Kitab, Taisi>rul al-Khallaq Akhlak, Santri.
Pembelajaran adalah suatu proses yang diselenggarakan oleh guru/ ustadz dalam mengajar santri dengan tujuan untuk memperoleh dan memproses pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Pendidikan akhlak sehari-hari dapat berbentuk pendidikan akhlak mulia dan akhlak tercela. Semua perbuatan baik dapat dikatakan akhlak mulia. Akhlak mulia dan kehidupan beragama juga harus menjadi perhatian penyelenggaran Pendidikan Agama Islam dalam rangka membentuk pola pikir, pola sikap dan pola tindak peserta didik yang mengarah pada akhlak yang terpuji. Kitab Taisirul al-Khallaq adalah kitab karangan Syeikh Hafidz Hasan Al-Mas’udi yang merupakan salah satu kitab yang memudahkan seseorang dalam menerapkan akhlak dan memahami berbagai jenis akhlak, sehingga mengetahui dengan pasti akhlak yang harus dilaksanakan dan akhlak yang harus ditinggalkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran kitab Taisi>rul al-Khallaq, faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran kitab Taisi>rul al-Khallaq, dan hasil implementasi kitab Taisi>rul al-Khallaq dalam membangun akhlak santri Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode pendekatan penelitian, sedangkan untuk jenis penelitian nya peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan dan observasi. Penelitian ini terjadi di pondok pesantren Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo. Proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis dari Miles dan Hubberman yang berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini berupa; pertama, proses pelaksanaan pembelajaran Taisi>rul al-Khallaq dilakukan dengan baik dan efektif, dimulai dengan kegiatan pembuka, kegiatan inti, lalu kegiatan penutup. Kedua, terdapat faktor pendukung berupa ustadz yang memahami materi dengan baik. serta ustadz, pengurus maupun santri mau mengamalkan materi yang di sampaikan ke dalam kegiatan sehari-hari. Faktor penghambat berupa banyak siswa yang bermalas-malasan ketika mengaji serta santri yang tertidur di kelas saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Ketiga, hasil implementasi Kitab Taisi>rul al-Khallaq berupa santri memiliki pola pikir dan perilaku yang positif, selain itu santri menjaga perkataan nya kepada dzhuriyah dan ustadz ustadzah, serta lebih hormat terhadap orang yang lebih tua.
Maka dari itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan maanfaat sebagai materi mengenai berakhlak yang baik dan pembaca diharapkan dapat mengimplementasikan bagaimana berakhlak yang baik kepada santri, murid, bahkan anak-anak mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:35
Last Modified: 10 Apr 2023 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22641

Actions (login required)

View Item View Item