Dampak Revitalisasi Pasar Legi Ponorogo Terhadap Kesejahteraan Pedagang

Rizaki, Ahmad Syahrur (2023) Dampak Revitalisasi Pasar Legi Ponorogo Terhadap Kesejahteraan Pedagang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401190216_Ahmad Syahrur Rizaki_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli, yang digunakan oleh masyarakat sebagai tempat mencari keuntungan atau pendapatan dengan cara berdagang. Pasar Legi Ponorogo merupakan pasar utama masyarakat Ponorogo, yang menampung banyak pedagang. Pada tahun 2017 silam, pasar ini mengalami kebakaran, yang menyebabkan tempat menjadi tidak layak digunakan, sehingga perlu dilakukannya pembangunan ulang atau disebut sebagai revitalisasi. Revitalisasi tidak hanya mengacu pada aspek fisik saja, namun juga ke aspek ekonomi, sosial dan manajemen sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan.
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana dampak dari revitalisasi Pasar Legi Ponorogo terhadap kesejahteraan pedagang. Mengingat manfaat pasar sangat penting bagi pembangunan ekonomi daerah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menekankan kealamiahan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, serta bersifat lebih menekankan makna.
Hasil dari penelitian ini, disimpulkan bahwa revitalisasi Pasar Legi Ponorogo berdampak positif terhadap kesejahteraan pedagang. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa indikator kesejahteraan pedagang setelah adanya revitalisasi, seperti segi materi yaitu kualitas bangunan dan bahan pangan, segi fisik yang meliputi kesehatan tubuh dan lingkungan alam, segi mental seperti pendidikan atau pembinaan dan lingkungan budaya, serta segi spiritual yang meliputi etika moral dan keserasian penyesuaian, menunjukkan akibat-akibat yang mengarah positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tiara Widya Antikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Apr 2023 01:41
Last Modified: 04 Apr 2023 01:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22638

Actions (login required)

View Item View Item