Penerapan Simulasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi dalam Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Balong Ponorogo

Sary, Erica Lutvy Anindia (2022) Penerapan Simulasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi dalam Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Balong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
208180053_ERICA LUTVY ANINDIA S_TADRIS IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Anindia, Erica Lutvy. 2022. Penerapan Simulasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi dalam
Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Balong, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan
Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing,
Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.
Kata Kunci: Penerapan Simulasi, Mitigasi, Gempa Bumi, Pembelajaran IPS.
Simulasi pembelajaran IPS materi kebencanaan untuk siswa, diharapkan siswa tidak
hanya mengetahui secara teoretis tetapi mampu mengimplementasikan materi kebencanaan
dalam pembelajaran IPS. Dengan demikian, peserta didik dapat memanfaatkan materi
kebencanaan secara riil dalam kehidupan nyata. Pengetahuan dan pemahaman mitigasi bencana
gempa bumi perlu untuk dikembangkan dan dituangkan agar siswa lebih mengetahui,
memahami, dan dapat mengaplikasikannya. Peneliti lebih memilih melakukan penelitian di
SMP dikarenakan untuk mengedukasi peserta didik serta adanya pelatihan untuk melakukan
simulasi cara penyelamatan diri dari bencana gempa bumi. Hal ini karena sebagian besar siswa
SMP yang berada di daerah Balong khususnya SMPN 1 Balong, Ponorogo merupakan
masyarakat kecamatan Balong.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan simulasi prabencana gempa bumi
dalam pelajaran IPS di SMPN 1 Balong, Ponorogo. Selain itu, untuk mendeskripsikan
penerapan simulasi saat terjadi bencana gempa bumi dalam pelajaran IPS dan mendeskripsikan
penerapan simulasi pascabencana gempa bumi dalam pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Balong
Ponorogo.
Untuk menjawab penelitian diatas, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik
pengumpulan data yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif, meliputi
rangkaian kata dan kalimat yang diperoleh dari informasi narasumber dan kegiatan yang
dilakukan oleh objek penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan yaitu (1) penerapan simulasi
prabencana menunjukkan bahwa terdapat enam kegiatan antara lain (a) Membuat bangunan
tahan gempa; (b) Tidak membangun bangunan rumah, sekolah atau gedung yang lain ditempat
rawan gempa; (c) memperbaiki atap atau dinding bangunan yang rusak dan retak; (d)
mengetahui teknik dasar P3K; (e) Menyediakan kotak P3K di rumah maupun di instasi-instasi;
(f) Menyiapkan tas siaga bencana. Selanjutnya, penerapan simulasi prabencana memiliki
hambatan. Hambatan tersebut kurangnya fasilitas simulasi yang dimiliki oleh pihak sekolah.
(2) Hasil penelitian penerapan simulasi saat terjadi bencana menunjukkan bahwa, SMP Negeri
1 Balong berupa penyelamatan diri. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya benturan
benda keras dan runtuhan atap serta benda-benda yang memungkinkan terjatuh. (3) Hasil
penelitian penerapan simulasi pasca bencana menunjukkan bahwa, Penerapan simulasi
pascabencana diperuntukkan untuk mitigasi setelah terjadinya bencana gempa bumi terdapat
dua hal yaitu rehabilitasi dan rekontruksi. rekonstruksi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Balong,
Ponorogo yaitu berupa rekonstruksi pada akses transportasi untuk menunjang mobilisasi pada
saat evakuasi bencana

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Apr 2023 02:54
Last Modified: 03 Apr 2023 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22634

Actions (login required)

View Item View Item