Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Pada Perusahaan Umum Daerah Tirta Benteng Kota Tangerang

Eriadi, Rizkie (2023) Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Pada Perusahaan Umum Daerah Tirta Benteng Kota Tangerang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Rizkie Eriadi_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Eriadi, Rizkie. Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Pada Perusahaan Umum Daerah Tirta Benteng Kota Tangerang. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dwi Setya Nugrahini, M.Pd.

Kata kunci : Motivasi, Kepuasan Kerja, Disiplin Kerja.

Sumber daya manusia merupakan manusia yang dapat bekerja didalam suatu ruang lingkup individu maupun kelompok. Perusahaan Umum Daerah Tirta Benteng Kota Tangerang merupakan user dalam pengelolaan air minum di Kota Tangerang yang awalnya didirikannya berdasarkan pada peraturan daerah kotamadya daerah tingkat II Tangerang nomor 33 tahun 1995. Perusahaan Umum Daerah Tirta Bentang Kota Tangerang belum mencapai target karena terkait sambungan langganan belum mencapai 1000 sambungan langganan, pada tahun 2019 hingga 2022 semakin berkurang terkait jumlah karyawan, belum ada pengukuran otomatis manual aplikasi secara rill untuk menggambarkan karyawan tersebut meningkatkan disiplin kerja, masih ada beberapa karyawan tidak berada di ruang kerja. Sikap dalam pendapat dan komunikasi yang belum maksimal, masih ada beberapa yang terlambat masuk kerja. tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisa pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap disiplin kerja pada Perusahaan Umum Daerah Tirta Benteng Kota Tangerang.
Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan program aplikasi IBM SPSS 25. Analisis datanya menggunakan analisis regresi berganda, populasi dalam penelitian berjumlah 214 karyawan dan sampel yang digunakan 140 responden, pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap disiplin kerja dengan nilai t_hitung5,212 > t_tabel 1,97743 dan nilai sig 0,00 < 0,05. Kepuasan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap disiplin kerja dengan t_hitung2,020 > t_tabel1,97743 dan selanjutnya karena nilai sig 0,045 < 0,05. Motivasi dan kepuasan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap disipln kerja dengan nilai dengan f_hitung 21,565 > f_tabel2,67 dan nilai sig 0,00 < 0,05. Sedangkan nilai R square 0,228 artinya variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 22,8% sedangkan 77,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Dari hasil tersebut diharapkan Perusahaan Umum Daerah Tirta Benteng Kota Tangerang lebih meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja agar karyawan dapat meningkatkan tingkat kedisiplinan yang lebih baik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Setya Nugrahini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Apr 2023 02:55
Last Modified: 03 Apr 2023 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22633

Actions (login required)

View Item View Item