..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Peran Pasar Tradisional dalam Peningkatan Pendapatan Pedagang (Studi pada Pasar Kaibon, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun)

Nikmah, Kholidatun (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Peran Pasar Tradisional dalam Peningkatan Pendapatan Pedagang (Studi pada Pasar Kaibon, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
kholidatun nikmah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nikmah, Kholidatun. “Peran Pasar dalam Peningkatan Pendapatan Pedagang (Studi pada Pasar Kaibon, Kecamatan Geger, Kabupaten Mandiri)”. Skripsi. 2022. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ratna Yunita, M.A.
Kata Kunci: Pasar Tradisional, Peran, Pendapatan Pedagang.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Pasar Kaibon, faktor yang menjadi kendala dalam pelaksaan peran pasar, dampak peran terhadap peningkatan pendapatan pedagang. Jenis penelitian yang digunakan untuk membantu penelitian ini adalah jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan melakukan pencarian data dengan cara langsung dengan melihat objek yang akan diteliti. Peneliti melaksanakan penelitian di Pasar Kaibon, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun untuk meneliti peran Pasar Kaibon. Dalam penelitian ini, jika dilihat dari jenis datanya maka penelitian ini diklasifikasikan menjadi penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa Pasar Kaibon telah melakukan penyaluran barang kepada konsumen, akan tetapi belum cukup memenuhi permintaan konsumen karena tidak adanya pedagang buah, daging, alat elektronik, dan juga alat kosmetik. Selain itu dalam menentukan harga masih terbilang mahaldari pasar yang berada di Kecamatan Geger. Namun, pada proses pelaksanaan peran pasar mengalami kendala berupa terbatasnya luas pasar dan tidak adanya pembatasan harga. Dalam hal dampak peran Pasar Kaibon dalam peningkatan pendapatan pedagang sudah ada dengan meningkatnya pendapatan yaitu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kemampuan pedagang dalam menjalankan usahanya, kondisi pasar dengan fasilitas yang lengkap dan kebersihan yang terjaga, modal yang semakin lama semakin meningkat, jam kerja yang berbeda tetapi tetap melakukan kegiatan berdagang, lama usaha yang menimbulkan suatu pengalaman dan pengetahuan, jumlah tenaga kerja yang berbeda tetapi tetap melayani dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Yunita
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 Mar 2023 08:03
Last Modified: 31 Mar 2023 08:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22631

Actions (login required)

View Item View Item