...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, PERBAIKI FORM PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN UNDUH FORMAT PENULISAN DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Penggunaan Strategi The Power Of Two Dan Pemanfaatan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Vii Di Smp Ma'arif 02 Ponorogo Tahun 2021/2022

Suciati, Herlina (2021) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, PERBAIKI FORM PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN UNDUH FORMAT PENULISAN DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Penggunaan Strategi The Power Of Two Dan Pemanfaatan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Vii Di Smp Ma'arif 02 Ponorogo Tahun 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
208180056_HERLINA SUCIATI_TADRIS IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Suciati, Herlina, 2022. Pengaruh Penggunaan Strategi The Power of Two dan Pemanfaatan
Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII di SMP Ma’arif 02
Ponorogo Tahun 2021/2022. Skripsi, jurusan Tadris Ilmu Pengetaahuan Sosial
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo,
Pembimbing, Yuentie Sova Puspidalia,M.Pd.
Kata Kunci: Strategi The Power of Two, Media Gambar,Hasil Belajar.
Keberadaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bagi siswa menjadi penting
mengingat pembelajaran IPS memberi bekal kepada peserta didik untuk memperoleh kecakapan
dalam bermasyarakat. Pembelajaran IPS berorientasi pada kecakapan siswa terhadap lingkungan
masyarakat. Kecakapan terhadap lingkungan secara akademis diwujudkan dalam hasil belajar
IPS. Berdasarkan studi awal hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Ma’arif 02 Ponorogo 60%
berada di bawah KKM. Kondisi yang demikian dimungkinkan dipengaruhi oleh penggunaan
strategi The Power of Two dan pemanfaaatan media gambar oleh guru. Jika kondisi ini tidak
mendapatkan perhatian, siswa akan mengalami disorientasi lingkungan dan lebih jauh akan sulit
beradaptasi dengan lingkungan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengetahui pengaruh penggunaan strategi The Power
of Two terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Ma’arif 02
Ponorogo tahun 2021/2022; (2) Mengetahui pengaruh pemanfaatan Media Gambar terhadap
hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Ma’arif 02 Ponorogo tahun
2021/2022; (3) Mengetahui pengaruh penggunaan strategi The Power of Two dan pemanfaatan
Media Gambar terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Ma’arif
02 Ponorogo tahun 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatakn kuantitatif berjenis ex-post facto, penelitian ini
dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian melihat ke belakang untuk
mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut. Pengumpulan data
penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data uji asumsi klasik
menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas dan uji linier. Uji
hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda.
Hasil penelitain ditemukan bahwa (1) Penggunaan strategi The Power of Two
berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Ma’arif 02 Ponorogo
tahun 2021/2022 dengan besar pengaruh 28,6%; (2) Pemanfaatan media gambar berpengaruh
secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Ma’arif 02 Ponorogo tahun
2021/2022 dengan besar pengaruh 30,7%; (3) Penggunaan strategi The Power of Two dan
pemanfaatan media gambar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII
SMP Ma’arif 02 Ponorogo tahun 2021/2022 dengan besar pengaruh 46,7

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:10
Last Modified: 30 Mar 2023 03:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22629

Actions (login required)

View Item View Item