Penerapan Bauran Pemasaran Pada Usaha Jasa "Eka Make Up Art" Dalam Perspektif Ekonomi Islam

'Ismayanti, Hanif Aditya (2023) Penerapan Bauran Pemasaran Pada Usaha Jasa "Eka Make Up Art" Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401190258_Hanif Aditya 'Ismayanti_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya mengembangkan usaha memerlukan waktu yang cukup lama, namun usaha jasa Eka Make Up Art dapat berkembang secara pesat dalam kurun waktu kurang dari 3 tahun. Peneliti menemukan kejanggalan pada teori, yang seharus nya harga yang terjangkau dan lokasi yang strategis dapat mempengaruhi kuantitas konsumen. Tetapi pada Eka MUA yang lokasinya sulit untuk dijangkau dan harganya relatif lebih mahal dibanding pesaingnya tetapi memiliki banyak konsumen. Ada beberapa strategi yang digunakan Eka MUA sehingga perlu diketahui oleh peneliti. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut penerapan Bauran Pemasaran yang digunakan usaha jasa Eka MUA dalam Perspektif Ekonomi Islam. Sehingga dapat dirumuskan masalah yaitu Bagaimana penerapan bauran pemasaran pada usaha jasa Eka Make Up Art dalam perspektif ekonomi Islam? dan Bagaimana dampak dari penerapan bauran pemasaran usaha jasa Eka Make Up Art menurut perspektif ekonomi Islam?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dari Eka MUA, asisten, karyawan, dan konsumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha jasa Eka MUA sudah menerapkan unsur-unsur bauran pemasaran dalam perspektif ekonomi Islam. Eka MUA memberikan perhatian lebih dari unsur bauran pemasaran syariah yaitu pada produk (product) dengan mengutamakan kualitas produk pada hasil make up nya, promosi (promotion) konsisen dalam konsep yang menarik pada promosi,orang (people) pribadi yang baik, bukti fisik (physical evidence) lengkapnya peralatan make up, proses (prosess) mekanisme pemesanan yang mudah hingga proses yang tersusun rapi, janji (promise) selalu menepati janji untuk menjaga kepercayaan konsumen, dan sabar (patience) sabar dalam menghadapi sikap-sikap konsumen. Hal ini sangat bagus dan terbukti bisa menimbulkan simpati kepada konsumen agar konsumen terus loyal dengan usaha jasa Eka MUA. Meskipun ada dua unsur Bauran Pemasaran Syariah yang tidak sesuai dengan teori yakni harga (price) yang tinggi dan tempat (place) yang kurang strategis. Dampak dari penerapan Bauran Pemasaran Syariah pada usaha jasa Eka MUA memberikan dampak yang baik yaitu banyaknya konsumen, mempunyai asisten dan karyawan, konsumen merasa puas terhadap hasil riasan yang diberikan Eka MUA. Karena Eka dalam usahanya selalu mengedepankan prinsip jujur dan adil dari hasil maupun kualitas yang diberikan kepada konsumen dan mengedepankan prinsip spiritual karena Eka meyakini bahwa ikhtiar yang dilakukan dan diimbangi dengan berdoa dan beribadah maka rizki yang didapatkan akan berkah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:04
Last Modified: 30 Mar 2023 03:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22625

Actions (login required)

View Item View Item