Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Manfaat dengan Technology Acceptance Model (TAM) terhadap Minat Penggunaan E-Wallet Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Amin, Eka Mulia Nurul Al (2023) Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Manfaat dengan Technology Acceptance Model (TAM) terhadap Minat Penggunaan E-Wallet Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401190245_Eka Mulia Nurul Al Amin_ES.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Banyaknya jumlah e-wallet yang ada, beriringan dengan jumlah pengguna yang terus bertambah menunjukkan minat masyarakat yang menggunakan e-wallet semakin tinggi. Dari banyaknya studi tentang e-wallet, penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dari peneliti terdahulu yang menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) dengan menambahkan perspektif ekonomi Islam. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif IAIN Ponorogo dengan sampel 85 mahasiswa semua jurusan.
Tujuan pada penelitian ini adalah: (1) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh persepsi kemudahan secara parsial terhadap minat penggunaan e-wallet di kalangan mahasiswa IAIN Ponorogo. (2) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh persepsi manfaat secara parsial terhadap minat penggunaan e-wallet di kalangan mahasiswa IAIN Ponorogo. (3) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi manfaat secara simultan terhadap minat penggunaan e-wallet di kalangan mahasiswa IAIN Ponorogo.
Dari penelitian ini, diperoleh hasil: (1) Variabel persepsi kemudahan berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel minat penggunaan e-wallet di kalangan mahasiswa IAIN Ponorogo. (2) Variabel persepsi manfaat berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel minat penggunaan e-wallet mahasiswa IAIN Ponorogo. (3) Variabel kemudahan dan variabel manfaat berpengaruh positif secara simultan terhadap variabel minat penggunaan e-wallet mahasiswa IAIN Ponorogo. Kemudian dari hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan persepsi manfaat berpengaruh terhadap minat penggunaan sebesar 59,4%, sedangkan sisanya sebesar 40,6% dipengaruhi oleh faktor/variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tiara Widya Antikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Mar 2023 01:30
Last Modified: 27 Mar 2023 01:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22620

Actions (login required)

View Item View Item