Analisis Ekonomi Islam Terhadap Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo Pengguna E-Commerce Shopee

Nur Afifah, Dian Rahma (2023) Analisis Ekonomi Islam Terhadap Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo Pengguna E-Commerce Shopee. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401190056_Dian Rahma Nur Afifah_ethesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Afifah, Dian. Analisis Ekonomi Islam terhadap Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo pengguna E-Commerce Shopee. Skripsi, 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Muchtim Humaidi, M.IRKH.

Kata Kunci: Ekonomi Islam, Konsumsi Mahasiswi, E-Commerce Shopee

Konsumsi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup. Seperti halnya Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang belum berpenghasilan dan tidak dapat mengoptimalkan konsumsi sesuai dengan kebutuhannya.
Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui motif, tujuan, skala prioritas kebutuhan, dan perilaku konsumsi Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo di E-Commerce Shopee dalam ekonomi Islam. Metode Filed Research digunakan untuk menganalisa penelitian. Dengan menggunakan deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi dengan teknik pengolahan data.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa Mahasiswi dalam berkonsumsi masih terpengaruh oleh motif konsumsi dari segi kebudayaan, sosial, dan psikologis. Dikarenakan lingkungan sekitar dan teman menjadi salah satu faktor utama pemicu dalam berkonsumsi yang dianggap dapat meningkatkan rasa percaya diri oleh mahasiswi. Sedangkan untuk tujuan berkonsumsi mahasiswi adalah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dianggap kebutuhan tersebut perlu untuk dipenuhi. dalam Skala prioritas Mahasiswi cenderung mengutamakan kebutuhan hajjiyat (sekunder) dan kebutuhan tahsiniyah (tersier) yang dianggap sebagai kebutuhan pokoknya. Sedangkan untuk kebutuhan dharuriyat (Primer) masih dikesampingkan atau tidak diutamakan. Hal ini dikarenakan mahasiswi masih belum bisa memprioritaskan kebutuhan pokoknya. Dalam berkonsumsi mahasiswi masih terpengaruh perilaku israf dan tabdzir yang dilarang oleh agama islam. Hal ini dikarenakan konsumsi mahasiswi masih mengikuti gaya konsumsi mahasiswi yang lain, sehingga dalam berkonsumsi belum bisa menerapkan ketentuan dalam syariat agama Islam. Agama islam menganjurkan umat muslim untuk berkonsumsi sesuai dengan porsi kebutuhannya namun tidak dianjurkan untuk melebihi batas kebutuhan pokoknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:24
Last Modified: 21 Mar 2023 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22618

Actions (login required)

View Item View Item