MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PROSES MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 2 PONOROGO

Lestari, Ita Puji (2023) MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PROSES MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206190037_ITA PUJI LESTARI_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lestari, Ita Puji. 2023. Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Proses
Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran
IPA di SMPN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen
Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Panggih Wahyu Nugroho,M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen Bk, Motivasi Belajar, Peserta Didik, SMPN 2 Ponorogo
Setiap kegiatan memerlukan system manajemen yang baik. Oleh karena
itu, upaya perbaikan dan peningkatan mutu manajemen menjadi salah satu
prioritas yang harus diperhatikan, tidak terkecuali kegiatan bimbingan dan
konseling, memerlukan layanan yang terencana, terprogram dan terarah dengan
baik. Manajemen Bimbingan dan Konseling (BK) di SMPN 2 Ponorogo sudah
dilaksanakan diantaranya Perencanaan Program dan Pengaturan waktu,
Pengorganisasian, Pelaksanaan, Mekanisme Kerja Pengadmistrasian, Pola
penanganan siswa, Penggunaan Fasilitas Pendukung, Pengarahan, Supervisi, dan
penilaian dalam manajemen bimbingan dan konseling sudah berjalan dengan baik
namun sebagian belum dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis manajemen
BK dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMPN 2 Ponorogo
melalui (1). Perencanaan bimbingan dan konseling, (2). Pelaksanaan bimbingan
dan konsling, dan (3). Evaluasi bimbingan dan konseling dalam proses
meningkatkan motivasi belajar peserta didik mata pelajaran IPA di SMPN 2
Ponorogo.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif, dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini adalah
guru BK. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan
yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan
data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber
dan triangulasi teknik
Berdasarkan hasil data diperoleh dari penelitian, dan setelah data dianalisa
maka dapat disimpulkan dalam perencanaan dan pengaturan waktu, guru
bimbingan dan konseling sudah membuat program tahunan dan program
semesteran dijalankan oleh guru Bimbingan dan Konseling dan berperan aktif
membantu peserta didik agar mempunyai prestasi dibidang akademik dengan
melakukan konseling di ruang BK atau melalui bimbingan klasikal dan bimbingan
individu kepada para peserta didik yang memiliki masalah terutama berkaitan
dengan motivasi belajar. Dari hasil penelitian yang dilakukan kepada guru BK
yang mengalami masalah dengan prestasi belajar disebabkan karna tidak adanya
motivasi belajar setelah diberikan bimbingan dan konseling yang
berkesinambungan anak-anak tersebut menunjukan hasil yang semakin membaik
dibandingkan sebelumnya. Pengambilan keputusan yang dilakukan sekolah
terlebih dalam proses meningkatkan motivasi belajar peserta didik dilakukan
dengan kegiatan rapat yang melibatkan perwakilan dari seluruh guru BK.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Panggih Wahyu Nugroho
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:35
Last Modified: 15 Mar 2023 07:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22613

Actions (login required)

View Item View Item