Etika Murid Terhadap Guru Analisis Kitab Ādāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari Perspektif Psikologi Belajar Teori Behavioristik

Afandi, Yanuar Syahrul (2023) Etika Murid Terhadap Guru Analisis Kitab Ādāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari Perspektif Psikologi Belajar Teori Behavioristik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201190475_Yanuar Syahrul Afandi_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Afandi, Yanuar Syahrul. 2023. Etika Murid Terhadap Guru Analisis Kitab Ādāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari Perspektif Psikologi Belajar Teori Behavioristik. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Safiruddin Al Baqi, M.A.

Kata Kunci : Etika, Murid, Guru, Kitab Ādāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim, Teori Behavioristik

Problematika di era zaman sekarang adalah rendahnya pemahaman siswa terkait dengan etika, seorang guru ataupun murid haruslah mengerti dan memahami etika dalam pendidikan, supaya tidak ada lagi masalah etika dan moral yang rusak, yang menyebabkan kecemasan di dalam pendidikan maupun di masyarakat. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengkaji kitab Ādāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari yang memuat banyak tentang konsep pendidikan, selanjutnya disatukan dengan teori belajar behavioristik yang menekankan perubahan tingkah laku akibat dari belajar dan lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) bagaimana konsep etika murid terhadap guru dalam Kitab Ādāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari (2) bagaimana konsep etika murid terhadap guru dalam Kitab Adābul ‘Ālim wa al-Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari perspektif psikologi belajar teori Behavioristik.
Penelitian ini merupakan penelitian Library Research (Penelitian Kepustakaan). Teknik pengumpulan data menggunakan metode leterer atau dokumenter. Kemudian data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode Teori analisis wacana, data yang terkumpul berupa data deskriptif, mengumpulkan data dari sumber primer dan sumber data sekunder yang sesuai dengan etika murid terhadap guru.
Hasil dari penelitian tersebut disimpulkan sebagai berikut: (1) Konsep etika seorang murid terhadap gurunya menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Ādāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim terbagi menjadi 12 cabang yaitu memohon petunjuk kepada Allah ketika hendak mencari guru, mencari guru sesuai dengan bidang keilmuannya, seorang murid harus senantiasa patuh terhadap perintah guru, murid haruslah memuliakan dan meyakini kesempurnaan keilmuan guru, murid harus senantiasa mendoakan dan menghormati gurunya, keluarganya dan orang terdekatknya, murid harus mampu memiliki sifat yang sabar, murid hendaknya meminta izin guru sebelum melakukan sesuatu yang berhubungan dengan guru, murid ketika duduk di depan guru seyogyanya memiliki sifat sopan dan santun, murid tidak meragukan keilmuan gurunya, murid menyimak keterangan guru walaupun murid sudah mempelajari sebelumnya, murid tidak boleh mendahului guru ketika menjelaskan materi, dan murid senantiasa menggunakan tangan kanan untuk memberikan sesuatu kepada guru dan menerima dengan kedua tangannya apabila menerima sesuatu dari gurunya. (2) Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi etika murid terhadap guru, yaitu lingkungan belajar, dan pengalaman belajar. Lingkungan belajar yang baik dapat meningkatkan etika murid terhadap guru, karena murid dapat memperoleh pengalaman belajar yang positif dan merasa nyaman di kelas. Pengalaman belajar yang negatif dapat mengurangi etika murid terhadap guru, karena dapat memicu sikap tidak hormat dan tidak patuh terhadap guru. Namun, melalui pengaplikasian teori behavioristik dalam proses pembelajaran, etika murid terhadap guru dapat ditingkatkan. Penggunaan penguatan positif dan penghapusan penguatan negatif dapat membantu meningkatkan etika murid terhadap guru. Selain itu, memberikan contoh etika yang baik kepada murid juga dapat membentuk sikap dan perilaku yang baik dalam diri murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Safiruddin Al Baqi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Mar 2023 01:05
Last Modified: 15 Mar 2023 01:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22599

Actions (login required)

View Item View Item