PERILAKU PEDAGANG PAKAIAN DI PASAR LEGI SONGGOLANGIT PONOROGO PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

Maajid, Diah Sri Nuraini (2023) PERILAKU PEDAGANG PAKAIAN DI PASAR LEGI SONGGOLANGIT PONOROGO PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
102180010_DIAH SRI NURAINI MAAJID_HES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pasar merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk jual beli atau bertransaksi oleh manusia. Seiring dengan berkembangnnya zaman dengan perkembangnnya ekonomi yang sangat cepat maka menimbulkan banyak kemajuan atau persaingan. Adannya persaingan mengakibatkan pelaku bisnis menggunakan banyak cara untuk mendapatkan keuntungan bahkan sampai tidak memahami Etika dan berjual beli. Oleh karena itu, penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perilaku-perilaku oleh pedagang pakaian di Pasar Legi Songgolangit Ponorogo yang masih mengabaikan prinsip Etika Bisnis Islam dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini yang dilakukan oleh pedagang pakaian di Pasar Legi Songgolangit Ponorogo masih belum mempunyai keadilan yang sama dalam berdagang, dikarenakan terkadang masih mementingan pelanggan tetap daripada pelanggan yang baru, maka bisa menimbulkan rasa perbedaan atau tidak adil dalam bertransaksi jual beli terhadap satu orang dengan orang lain.
Adapun rumusan masalah dari latar belakang tersebut, yaitu 1) Bagaimana Tinjauan Perspektif Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli Penjual Pakaian Di Pasar Legi Songgolangit Ponorogo. 2) Bagaimana Perilaku Pedagang Pakaian di Pasar Legi Songgolangit Ponorogo Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu kegiatan penelitian yang dilaksanakan di lapangan atau di tempat penelitian guna untuk meneliti gejala objektif yang terjadi di lapangan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif yaitu suatu penelusuran untuk menjelajahi dan memahami suatu gejala yang terpusat. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Peneliti menyimpulkan bahwa para pedagang pakaian di Pasar Legi Songgolangit Ponorogo sepenuhnya telah memahami prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam, seperti Ketauhidan, Keseimbangan, Kehendak bebas, Keadilan, Kejujuran. Namun dalam perilaku pedagang pakaian di Pasar Legi Songgolangit Ponorogo masih ada pedagang pakaian yang belum sepenuhnya menerapkan perilaku pakaian, seperti keadilan yang masih belum menerapkan perilaku pedagang pakaian dalam keadilan jual beli barang/produk dalam berbisnisnya, karena menurut pedagang pakaian tersebut lebih mementingkan pelanggan tetap dari pada pelanggan yang baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ima Frafika Sari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Mar 2023 06:18
Last Modified: 14 Mar 2023 06:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22598

Actions (login required)

View Item View Item