Upaya Pengurus Pondok Pesantren Dalam Menanamkan Kedisiplinan Santri Putri Di Pondok Pesantren KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo

Alqodariyah, Nailul Muna (2023) Upaya Pengurus Pondok Pesantren Dalam Menanamkan Kedisiplinan Santri Putri Di Pondok Pesantren KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201190429_Nailul Muna_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Alqodariyah, Nailul Muna. 2023. Upaya Pengurus Pondok Pesantren Dalam Menanamkan Kedisiplinan Santri Putri Di Pondok Pesantren Kh Syamsuddin Durisawo Ponorogo. SKRIPSI, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Sutoyo, M.Ag.
Kata Kunci: Pengurus Bidang Jamaah, Sholat Jamaah, Pondok Pesantren
Dalam sebuah pondok pesantren, pelaksanaan sholat jamaah didalamnya selalu disertai dengan susunan kepengurusan yang bertugas mengawasi, dan menghandle proses pelaksanaan sholat jamaah. Pengurus yang rata-rata merupakan santri senior ini, bertugas membantu kyai mengontrol pelaksanaan sholat jamaah santri yunior. Menjadi bagian dari pengurus pondok harus mampu bekerja dengan tanggung jawa dan professional, harus dikerjakan dengan penuh kesungguhan dan kesabaran, ketekunan, apalagi yang dihadapi adalah anak-anak yang sedang tumbuh dan berkembang.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan program kerja pengurus pondok pesantren dalam menanamkan kedisiplinan santri putri Pondok pesantren KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo. (2) mendiskripsikan strategi pengurus pondok pesantren dalam menanamkan kedisiplinan santri putri Pondok pesantren KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo. (3) mendiskripsikan Hasil dari program kerja dan strategi pengurus pondok pesantren dalam menanamkan kedisiplinan santri putri Pondok pesantren KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo.
Penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif serta dilakukan di Pondok Pesantren KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo. Jenis penelitian studi kasus di pondok pesantren KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi.
Adapun hasilnya adalah: (1) program kerja pengurus bidang jamaah yaitu ada lima pertama diadakan absensi jamaah, kedua diadakan bulis jamaah, Ketiga diadakan bel sebelum jamaah. Keempat diadakan penjadwalan sholat di shoff paling depan. Dan diadakan takziran bagi santri yang melanggar peraturan. (2) Strategi pengurus bidang jamaah yaitu memebrikan nasehat dan juga motivasi kepada santri untuk senantiasa berbuat baik dan berusaha mentaati peraturan yang ada.(3) hasil dari program kerja dab Secara tidak langsung santri mampu mengikuti semua kegiatan dengan baik tanpa ada paksaan, santri lebih disiplin dalam mengikuti kegiatan terutama dalam sholat jamaah, santri mentaati aturan yang telah ditetapkan, berkurangnya jumlah santri yang terkena ta’ziran selain itu santri sudah mulai terbiasa dengan semua peraturan yang ada di pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sutoyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:10
Last Modified: 14 Mar 2023 02:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22590

Actions (login required)

View Item View Item