Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Tenaga Pendidik di Madrasah Ibdtidaiyah Tholabiyah Kecamatan Jiwa Kabupaten Madiun

Lestari, Atik Dwi (2023) Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Tenaga Pendidik di Madrasah Ibdtidaiyah Tholabiyah Kecamatan Jiwa Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206190009_Atik Dwi Lestari_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kinerja tenaga pendidik dipengaruhi oleh beberapa factor yaitu kepemimpinan dan motivasi kepala madrasah. Seorang kepala madrasah harus memiliki kepemimpinan dan motivasi yang tinggi terhadap kinerja tenaga pendidik agar terciptanya tenaga pendidik yang handal sehingga menciptakan peserta didik yang berkualitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepemimpinan dan motivasi kepala madrasah di MI Tholabiyah Kecamatan Jiwan Kabupaten madiun, untuk mengetahui tingkat kinerja pendidik di MI Tholabiyah Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun dan untuk mengatahu seberapa pengaruh kepemimpinan dan motivasi kepala madrasah terhadap kinerja tenaga pendidik di MI Tholabiyah Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun.
Metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 22 responden tenaga pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Tholabiyah Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Instrument pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan regresi linier berganda. Regresi linier berganda ini digunakan untuk mengetahui pengaruh antar variabel secara bersama-sama
Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa tingkat Tingkat kepemimpinan kepala madrasah di MI Tholabiyah Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun tergolong cukup baik. Hal ini terbukti dariperhitungan yang menyatakan tingkat kepemimpinan kepela madrasah memiliki jumlah presentase sebesar 63,54%. Tingkat motivasi kepala madrasah di MI Tholabiyah juga tergolong cukup baik hal ini dibuktikan jumlah presentase sebesar 81,8% Tingkat kinerja tenaga pendidik di MI Tholabiyah Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun tergolong cukup baik yang memiliki jumlah presentase sebesar 72,8%. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan dan motivasi kepala madrasah terhadap knerja tenaga pendidik di MI Tholabiyah Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Di tabel anova nilai signifikan yang diperoleh 0,004 hal ini lebih kecil dari pada 0,05. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kepemimpinan, motivasi terhadap kinerja tenaga pendidik. Pada perhitungan R Squer diperoleh nilainya sebesar 0,444 yang memiliki arti kepemimpinan dan motivasi kepala madrasah terhadap kinerja tenaga pendidik berpengaruh sebesar 44,4 % .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fuadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:54
Last Modified: 14 Mar 2023 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22589

Actions (login required)

View Item View Item