...(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Penjahit Pakaian Di Desa Ringinputih Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo

Rofiqoh, Kunni Dhurrotur (2023) ...(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Penjahit Pakaian Di Desa Ringinputih Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
102180055-KUNNI DHURROTUR ROFIQOH-HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
KUNNI DHURROTUR ROFIQOH, 2023, Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Penjahit Pakaian Di Desa Ringinputih Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ima Frafika Sari, M. Pd.

Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Penjahit Pakaian, Desa Ringinputih
Penjahit merupakan suatu pekerjaan yang memberikan jasa nya membuat pakaian kepada orang lain. Seperti yang terjadi di Desa Ringinputih, hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti ada beberapa hal yang peneliti temukan diantaranya yaitu ketidaksesuaian pelayanan penjahit pakaian di Desa Ringinputih yang diberikan kepada pelanggannya, kualitas hasil jahitan tidak maksimal dan beberapa pelayanan (sikap) penjahit yang tidak memuaskan pelanggan serta keterlambatan penyelesaian pesanan jahitan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: pertama, bagaimana analisis etika bisnis islam terhadap persaingan usaha penjahit pakaian di Desa Ringinputih. Kedua, bagaimana analisis etika bisnis islam terhadap pelayanan konsumen penjahit pakaian di Desa Ringinputih. Tujuan penelitian ini adalah: pertama, untuk mengetahui analisis etika bisnis islam terhadap persaingan usaha penjahit pakaian di Desa Ringinputih. Kedua, untuk mengetahui analisis etika bisnis islam terhadap pelayanan konsumen penjahit pakaian di Desa Ringinputih.
Dalam penelitian ini menggunakan metode lapangan/metode kualitatif (field research) karena melakukan pengamatan langsung sedangkan dalam pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode induktif karena melakukan pengamatan langsung.
Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa, pertama penjahit di Desa Ringinputih sudah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis islam namun pelaksanaannya belum sempurna. Adapun yang belum terpenuhi yaitu prinsip amanah. Hal ini tersebut ditunjukkan oleh penjahit pakaian dalam menyelesaikan tanggungan jahitannya. Penjahit tidak menyelesaikan tanggungan pesanan jahitan sesuai dengan waktu yang telah disepakati bersama pelanggannya. Selain itu juga harga yang diberikan kepada pelanggannya mahal namun dengan kualitas produk yang tidak bagus.. Kedua, penjahit di Desa Ringinputih sudah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis islam namun pelaksanaannya belum terpenuhi. Adapun yang belum terpenuhi yaitu keseimbangan dan tanggungjawab. Pada prinsip keseimbangan ditunjukkan oleh salah satu penjahit yang membedakan harga sesuai dengan tingkat ekonomi pelanggan dan hubungan kekeluargaan kepada penjahit. Pada prinsip tanggungjawab para penjahit tidak menyelesaikan pesanan jahitan sesuai dengan yang telah disepakati bersama pelangganya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ima Frafika Sari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:50
Last Modified: 14 Mar 2023 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22583

Actions (login required)

View Item View Item