...(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)...Character Building Siswa Melalui Pendidikan Berbasis Pesantren (Studi Kasus di SMA Bakti Ponorogo)

Ni'mah, Zahrotun (2023) ...(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)...Character Building Siswa Melalui Pendidikan Berbasis Pesantren (Studi Kasus di SMA Bakti Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ni’mah, Zahrotun. 2023. Character Building Siswa Melalui Pendidikan Berbasis Pesantren (Studi Kasus di SMA Bakti Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dian Pratiwi, S.E., M.M.
Kata Kunci : Character Building, Siswa, Pendidikan Berbasis Pesantren

Problematika degradasi moral menjadi wacana yang tidak ada habisnya. Di zaman modern seperti sekarang ini, pengaruh luar dan arus informasi sangat mempengaruhi pembentukan perilaku siswa. Fenomena tersebut jika dibiarkan akan dapat merusak generasi penerus bangsa. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut adalah dengan menggemakan pendidikan karakter. Tujuan pendidikan karakter adalah menghasilkan manusia yang berkarakter dan bermutu.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pembentukan karakter siswa di SMA Bakti Ponorogo; (2) bagaimana upaya yang dilakukan Pondok Pesantren Bakti Ummah SMA Bakti Ponorogo dalam membentuk karakter siswa melalui pendidikan berbasis pesantren; dan (3) bagaimana pengaruh program pendidikan berbasis pesantren di Pondok Pesantren Bakti Ummah terhadap karakter siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data untuk menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pembentukan karakter siswa di SMA Bakti Ponorogo dilakukan secara aplikatif melalaui berbagai cara, meliputi; a) Pembiasaan berlaku sopan, yakni dengan membiasakan siswa untuk bersikap sopan santun kepada guru seperti senyum sapa jika bertemu dengan guru dan warga sekolah lain, berjabat tangan ketika bertemu dengan guru, menundukkan badan ketika lewat di depan guru, serta menggunakan bahasa yang santun ketika berkomunikasi dengan guru. b) Budaya religius, yaitu dengan membiasakan berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, sholat dhuha berjamaah, dan sholat dzuhur berjamaah. c) Keteladanan guru, seperti datang ke sekolah tepat waktu, sholat dhuha berjamaah, sholat dzuhur berjamaah, dan menggunakan bahasa yang baik ketika berkomunikasi dengan siapapun. d) Pemberian hukuman, pemberian hukuman diberikan kepada siswa yang terlambat datang ke sekolah dengan hukuman berupa menghafal surat-surat pendek dan doa-doa sehari-hari. (2) Upaya yang dilakukan Pondok Pesantren Bakti Ummah dalam membentuk karakter siswa melalui pendidikan berbasis pesantren antara lain dengan; a) Keteladanan kyai yang meliputi keteladanan kedisiplinan, keteladanan bertutur kata, dan keteladanan berbusana. b) Kajian kitab kuning meiputi kajian kitab Akhlaq lil Banin dan kajian kitab Syarah Ta’lim al-Muta’allim. c) Pemusatan kegiatan di Musholla seperti sholat jama’ah, ngaji sorogan dan tahfidzul Qur’an, sholawatan dan hadroh, serta muhadloroh. d) Menanamkan sikap sosial santri dan tawadhu’, dengan kerjasama dan gotong royong, serta menundukkan kepala, salim, dan boso. (3) Hasil program pendidikan berbasis pesantren terhadap karakter siswa antara lain; a) Meningkatkan kedisiplinan beribadah, seperti sholat lima waktu, sholat sunnah, dan tadarus al-Qur’an; b) Meningkatkan kebaktian kepada orangtua seperti boso, membantu orang tua, berkata “dalem” ketika dipanggil; c) Meningkakan adab terhadap guru seperti salim, munduk ketika berjalan di depan guru, dan boso.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dian Pratiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:47
Last Modified: 14 Mar 2023 01:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22582

Actions (login required)

View Item View Item