..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG).. MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI SISWA STUDI KASUS DI MTS DARUL HUDA MAYAK

Safi'i, Imam (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG).. MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI SISWA STUDI KASUS DI MTS DARUL HUDA MAYAK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180103 IMAM SAFI'I MPI.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

Safi’i, Imam. 2022. Manajemen Perpustakaan Dalam Pengembangan Budaya Literasi Siswa Studi Kasus di Mts Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Aris Nurbawani, M.M
Kata Kunci: Manajemen Perpustakaan, Pengembangkan Budaya Literasi.
Hasil survei yang dilakukan organisasi Progres in International Reading Literacy Study (PIRLS) berkolaborasi dengan Trend in Iternational Matematic and Science Studies (TIMSS) tahun 2011, Program For International Students Assessment (PISA) tahun 2009 dan 2012 serta OECD) Organization for Economic Coopration and Development tahun 2013 menyebutkan bahwa kemampuan literasi dari peserta didik berhubungan erat dengan tuntutan membaca yang mengarah pada keterampilan dalam memahami bacaan dengan baik, peserta didik Indonesia menempati peringkat ke-57. Dapat disimpulkan budaya literasi di Indonesia masih rendah, sehingga pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan tim gerakan literasi di sekolah-sekolah. MTs Darul Huda dalam hal ini juga menggalakkan gerakan literasi sebagai upaya dalam mengatasi literasi yang masih rendah, penelitian ini perlu dilakukan mengingat pentingnya penggalakan budaya literasi yang ada di MTs Darul Huda.
Peneliti melakukan penelitian guna mengetahui dan mendeskripsikan (1) Perencanaan perpustakaan dalam pengembangan budaya literasi siswa (2) pengorganisasian perpustakaan dalam pengembangan budaya literasi siswa (3) penggerakan perpustakaan dalam pengembangan budaya literasi siswa (4) pengendalian perpustakaan dalam pengembangan budaya literasi siswa.
Penelitian yang dilakuakan dengan studi kasus di lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan tehnik analisi data yang digunakan adalah kondensasi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang dilakukan adalah: (1) Dalam melaksanakan perencanaan pengembangan budaya literasi siswa terdapat beberapa langkah, yang pertama yakni menentukan tujuan, diantaranya adalah sebagai penunjang pembelajaran, sebagai penelitian, dan sebagai bahan rujukan atau refrensi. Langkah yang kedua adalah dengan menetapkan sasaran yang akan dicapai, seperti halnya melaksanakan dan mengembangkan pendidikan, melaksanakan kegiatan pelayanan pepustakaan, penunjang refrensi dan penunjang program literasi. (2) Pengorganisasian Pengembangan budaya literasi dilakukan yang pertama yaitu Menentukan tugas, tugas yang ada dapat dijalankan menurut pembagian yang telah dilakukan seperti halnya kepala sekolah dan kepala perpustakaan yaitu bertugas sebagai penanggung jawab terhadap semua aktivitas yang diselenggarakan dan terhadap pengelolaan seluruh unit perpustakaan serta mengkoordinir tata kerja dan hubungan dengan staf perpustakaan. (3) Penggerakan Pengembangan budaya literasi dilakukan dengan tiga tahapan, tahap pembiasaan dilakukan dengan membiasakan membaca selama kurang lebih 15 menit, membaca buku – buku yang ada diperpustakaan. Tahap pengembangan yaitu siswa mencatat sumber yang dibutuhkan dari buku- buku yang dibaca dan di jadikan dalam satu jurnal. Langkah selanjutnya yakni tahap pengajaran yaitu siswa diminta untuk membaca buku tentang pelajaran, menggunakan strategi dalam memahami suatu teks yang ada (4) pengendalian pengembangan literasi dilakukan Pengendalian yang dilakukan di MTs Darul Huda dilakukan dengan menetapkan standar perencanaan yang matang, guna memastikan dan mengtahui atas hasil pencapaian yang diraih

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aris Nurbawani
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:34
Last Modified: 13 Mar 2023 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22572

Actions (login required)

View Item View Item