TINJAUAN IJẪRAH TERHADAP JASA BUKA KUNCI KONTROL PERANGKAT SET TOP BOX PADA ANDROID TV (Studi Kasus di Antero Store Desa Wringinanom Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo)

setiono, edi (2022) TINJAUAN IJẪRAH TERHADAP JASA BUKA KUNCI KONTROL PERANGKAT SET TOP BOX PADA ANDROID TV (Studi Kasus di Antero Store Desa Wringinanom Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210216048_ edi setiono_ hukum ekonomi syariah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Setiono, Edi. 2023.Tinjauan Ijẫrah Terhadap Jasa Buka Kunci Kontrol Perangkat Set Top Box Pada Android Tv (Studi Kasus di Antero Store Desa Wringinanom Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo) Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Wahyu Saputra, M.H.Li.

Kata Kunci: Ijẫrah, Jasa Buka Kunci Kontrol Perangkat Set Top Box, Android Tv, Fatwa, MUI

Islam adalah agama yang komprehensif (rahmatal lil’alamin) yang mengatur semua aspek kehidupan manusia yang telah disampaikan oleh Rasulullah SAW. Salah satu bidang yang diatur adalah masalah aturan atau hukum, baik mengatur kehidupan bermasyarakat. Islam juga sebagai agama yang realistis yang artinya hukum Islam tidak mengabaikan kenyataan dalam setiap perkara yang dihalalkan dan yang diharamkannya, juga tidak mengabaikan realitas dalam setiap peraturan dan hukum yang ditetapkannya, baik individu, keluarga, masyarakat, negara maupun umat manusia. Berdasarkan uraian di atas peneliti merumuskan permaslahan sebagai berikut: (1) bagaimana tinjauan syarat ijẫrah terhadap praktik jasa buka kunci kontrol perangkat set top box pada android tv di antero store? (2) bagaimana tinjauan rukun ijẫrah terhadap praktik jasa buka kunci kontrol perangkat set top box pada android tv di antero store?
Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, skripsi akan menggambarkan beberapa data yang diperoleh dari lapangan (field research) baik dengan wawancara, dokumentasi, sebagai metode pengumpulan data dan menarik kesimpulan dengan metode analisis data. Selain itu, proses analisis data juga didukung dengan kajian pustaka sebagai referensi untuk memperkuat data yang diperoleh dari lapangan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Pada praktik buka kunci kontrol Set Top Box yang terjadi di konter Antero Store telah memenuhi syarat-syarat Ijẫrah, kecuali syarat yang kelima yaitu karena ada unsur merusak dan pelanggaran Hak Cipta. (2)Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa praktik buka kunci kontrol Set Top Box tidak memenuhi rukun Ijẫrah. Pada kasus ini objek Ijẫrah yang berupa jasa yaitu keahlian melakukan instalasi dengan membuka kunci kontrol Set Top Box. Pada dasarnya kemampuan penyedia jasa sah secara syar`i. Namun karena terdapat unsur pelanggaran Hak Cipta yang terdapat pada Fatwa MUI Nomor 1/MUNAS VII/MUI/%/2005 maka rukun ketiga Ma`qud alaih tidak terpenuhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahyu Saputra
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:57
Last Modified: 10 Mar 2023 02:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22548

Actions (login required)

View Item View Item