Tinjauan 'Urf Terhadap Tradisi Tukar Cincin Jelang Pernikahan di Desa Siwalan Mlarak Ponorogo

Parantika, Armanda Dita (2023) Tinjauan 'Urf Terhadap Tradisi Tukar Cincin Jelang Pernikahan di Desa Siwalan Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
101180020_Armanda Dita_HKI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Parantika, Armanda Dita. 2023. Tinjauan ‘Urf terhadap tradisi tukar cincin jelang pernikahan di Desa Siwalan Mlarak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Shofwatul Aini, M.S.I.
Kata Kunci/keyword: ‘Urf, Khit{{bah, tukar cincin.
Khit{{bah atau peminangan merupakan langkah awal jelang pernikahan yang biasa dilakukan oleh masyarakat, pada dasarnya melaksanakan Khit{{bah boleh atau baik untuk dilaksanakan, karena dalam rangka memantapkan serta meneguhkan hati pada pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Seiring berjalannya waktu, proses peminangan disertai dengan tukar cincin sebagai simbol bahwa hubungan telah diikat, tradisi tersebut menjadi hal yang biasa dilakukan salah satunya oleh masyarakat di Desa Siwalan Mlarak Ponorogo. Mayoritas pasangan yang melakukan peminangan, disertai dengan prosesi tukar cincin antar pasangan yang disaksikan orang terdekat dan keluarga. Mereka meyakini bahwa dengan melaksanakan peminangan disertai tukar cincin, akan meminimalisir terjadinya kegagalan jelang pernikahan mengingat sudah terpasang cincin tanda sudah diikat menuju jenjang yang lebih serius yakni pernikahan. Tetapi di sisi lain, masyarakat kurang memperhatikan mengenai proses pemasangan cincin yang langsung dipasangkan oleh pasangan dengan alasan akan menjadi pasangan suami istri nantinya, sehingga permasalahan ini menjadi dasar dilakukannya penelitian yang ditinjau dari ‘urf.
Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah yakni bagaimana tinjauan ‘urf terhadap praktek tukar cincin jellang pernikahan di Desa Siwalan Mlarak Ponorogo dan bagaimana tinjauan ‘urf terhadap proses pemasangan cincin di Desa Siwalan Mlarak Ponorogo. Adapun jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan dokumentasi dan wawancara untuk menggali data dan mereduksinya.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tukar cincin jelang pernikahan berdasarkan tinjauan ‘urf di Desa Siwalan Mlarak merupakan suatu kebiasaan yang biasa dilakukan oleh masyarakat dimana kebiasaan tersebut mengandung maslahat yang tentunya sesuai dengan ketentuan syara’ sehingga tukar cincin jelang pernikahan termasuk ‘urf s}ah{ih} karena tukar cincin jelang pernikahan dimaknai sebagai hadiah kepada orang terkasih. Sedangkan proses pemasangan cincin berdasarkan ‘urf di Desa Siwalan Mlarak termasuk kategori ‘urf fasid karena bertentangan dengan syara’ mengingat pasangan yang melaksanakan pemasangan cincin secara langsung bukan mahram dan belum menjadi pasangan suami istri yang sah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shofwatul Aini
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:49
Last Modified: 10 Mar 2023 02:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22547

Actions (login required)

View Item View Item