Konsep Sakinah Dalam Keluarga TKI Perspektif Hukum Positif (Studi Kasus di Desa Dadapan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo)

Roziqin, Faizal Ainur (2023) Konsep Sakinah Dalam Keluarga TKI Perspektif Hukum Positif (Studi Kasus di Desa Dadapan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
1011849-FAIZAL AINUR ROZIQIN-HKI-NASKAH SKRIPSI.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ainur Roziqin, Faizal. 2022. KONSEP SAKINAH DALAM KELUARGA TKI PERSPEKTIF HUKUM POSITIF. (Studi Kasus di Desa Dadapan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo)”Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Martha Eri Safira, M.H.
Kata kunci/ Key words: Keluarga Sakinah, Keluarga TKI, Hukum Positif
Pada observasi awal penulis dalam meneliti ini tepatnya di Desa Dadapan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo ditemui kasus bagaimana membina yang sakinah untuk keluarga yang berprofesi sebagai TKI. Problem yang terjadi di Desa Dadapan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo adalah baik keluarga yang masih menjadi TKI maupun yang sudah tidak menjadi TKI belum memahami secara mendalam apa itu yang dimaksudkan sebagai keluarga yang sakinah. Faktor ekonomi adalah salah satu alasan utama terjadinya perselisihan dikehidupan keluarga, kemudian timbulnya perselisihan yang tidak kunjung reda diantara anggota keluarga dapat menimbulkan perceraian.
Rumusan Masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kriteria keluarga sakinah menurut keluarga TKI di Desa Dadapan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo perspektif Hukum Positif? 2) Bagaimana upaya yang dilakukan keluarga TKI di Desa Dadapan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo dalam mewujudkan keluarga sakinah perspektif Hukum Positif?
Adapun hasil penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan penelitian ini adalah metode deskriptif analitatif, yaitu suatu metode yang dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang keadaan nyata sekarang.
Hasil dari penelitian ini adalah 1. Ditinjau dari kriteria keluarga sakiah keluarga TKI hanya mampu memenuhi kriteria 1. Kriteria keluarga sakinah berdasarkan kriteria 1 adalah keluarga yang dapat memenuhi kebutuhan dasar material dan psiritual secara minimal. Namun belum mampu untuk memenuhi kebutuhan sosio psikologisnya seperti kebutuhan akan pendidikan dan bimbingan keagamaan di dalam keluarga tersebut. Selain itu, Keluarga sakinah berdasarkan kriteria yang disampaikan oleh keluarga TKI adalah keluarga memiliki kesejahteraan, saling mengerti dan melengkapi kekuarang dari pasanngan. 2. Bahwa upaya mewujudkan keluarga sakinah pada 5 keluarga TKI di Desa Dadapan, Kecamatan Balong, Ponorogo adalah dengan cara saling menjaga komunikasi juga kepercayaan antar anggota keluarga, dan tidak melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan keretakan bahkan perpecahan pada keluarga mereka. Beberapa keluarga ini mampu menjaga situasi saling cinta dan kasih dalam memenuhi kebutuhan spiritual mereka, sedangkan 1 keluarga TKI tidak mampu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Martha Eri Safira
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Mar 2023 06:40
Last Modified: 13 Mar 2023 02:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22545

Actions (login required)

View Item View Item