TINJAUAN JUAL BELI SISTEM COD (CASH ON DELIVERY) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (STUDI KASUS OLSHOP DANKJE2021 DI DESA GUWO MLILIR KECAMATAN DOLOPO KABUPATEN MADIUN)

Sofiyah, Ninda (2023) TINJAUAN JUAL BELI SISTEM COD (CASH ON DELIVERY) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (STUDI KASUS OLSHOP DANKJE2021 DI DESA GUWO MLILIR KECAMATAN DOLOPO KABUPATEN MADIUN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
102180067_Ninda Sofiyah_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Sofiyah, Ninda, 2023. Tinjauan Jual Beli COD (Cash On Delivery) Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus Olshop Dankje2021 di Desa Guwo Mlilir, Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Martha Eri Safira, S.H., M.H.
Kata kunci/keywords: Jual Beli COD, Wanprestasi, Hukum Islam dan Hukum Positif
Dalam kasus yang diteliti jual beli ini menggunakan sistem COD (Cash On Delivery), yang berlokasi di Olshop Dankje2021 di Desa Guwo Mlilir, Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun terdapat kerugian yang dialami oleh pemilik usaha dan konsumen. Dalam hukum islam jual beli dengan sistem COD ini melanggar prinsip jual beli, salah satunya barang yang diberikan oleh pemilik usaha pada konsumen tidak sesuai dengan gambar yang dipromosikan, kerugian yang dialami pemilik usaha COD (Cash On Delivery) tidak tepat waktu jadi mengulur waktu yang seharusnya sudah di tempat lain. Dalam hukum positif, wanprestasi yang dialami pemilik usaha salah satunya yaitu pembatalan pemesanan secara tiba-tiba dari konsumen.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah analisis hukum islam dan hukum positif terhadap praktek Jual Beli sistem COD di Olshop DankJe2021 di Desa Guwo Mlilir, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun? Dan Bagaimanakah analisis hukum islam dan hukum positif terhadap wanprestasi dan penyelesaiannya dalam sistem COD di Olshop Dankje2021 di Desa Guwo Mlilir, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun?
Adapun penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan untuk teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa. Pertama, tidak sesuai dengan prinsip-prinsip jual beli menurut hukum islam karena barang yang diperjualbelikan tidak sesuai dengan yang dipromosikan oleh pemilik usaha dan itu melanggar prinsip jual beli kerugian yang dialami pemilik usaha COD tidak tepat waktu jadi mengulur waktu yang seharusnya sudah di tempat lain, masalah hitungan kadang tidak tepat jika yang membeli barang jika yang membeli temannya, kegiatan COD berada di tempat makan ataupun di tempat yang terkena biaya parkir yang ada malah rugi bukan untung. Kedua, terjadinya wanprestasi yang dialami oleh pemilik usaha yang disebabkan oleh konsumen yang mengakibatkan melanggar asas konsensualisme dalam hukum positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Martha Eri Safira
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:47
Last Modified: 10 Mar 2023 02:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22544

Actions (login required)

View Item View Item