Implementasi Kegiatan Kolase Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak usia 5-6 Tahun Di TK Putra Pertiwi XVIII Bojonegoro

Dian Nur, Apriliya (2023) Implementasi Kegiatan Kolase Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak usia 5-6 Tahun Di TK Putra Pertiwi XVIII Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
211117002_APRILIYA DIAN NUR_PIAUD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dian Nur Apriliya. 2023. Implementasi Kegiatan Kolase dalam Meningkatkan
Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Putra Pertiwi XVIII Bojonegoro. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuli Salis Hijriyani, M.Pd.

Kata Kunci: Implementasi Kegiatan Kolase, Motorik Halus, Anak Usia Dini
Implementasi merupakan suatu pelaksanaan, penerapan dan perencanaan yang dilakukan dalam suatu kegiatan agar terlaksana dengan tepat dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Kegiatan kolase adalah suatu kegiatan menempelkan beberapa bahan menjadi satu dan dapat menjadi sebuah karya indah yang dapat dinikmati hasilnya bersama. Untuk meningkatkan motorik halus maka guru dapat menstimul anak dengan beberapa kegiatan, salah satunya dengan menggunakan kegiatan kolase saat pembelajaran berlangsung.
Di TK Putra Pertiwi XVIII Bojonegoro peneliti menemukan permasalahan pada motorik halus, seperti anak yang masih kaku dalam melakukan kegiatan seperti mewarnai, menempel, dan menggambar, anak belum mampu mengerjakan kegiatan yang diberikan oleh guru yang kegiatan tersebut untuk meningkatkan motorik halus anak. Sehingga diperlukan stimulus agar pencapaian indikator perkembangan terutama motorik halus anak.
Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui impelementasi kegiatan kolase anak usia dini di TK Putra Pertiwi XVIII Bojonegoro, 2) untuk mengetahui capaian perkembangan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan kolase di TK Putra Pertiwi XVIII Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi di kelas B TK Putra Pertiwi XVIII Bojonegoro, wawancara dengan sumber data Guru Kelas A, B dan Guru Pendamping Kelas B, dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Mileas dan Humberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: 1) implementasi kegiatan kolase anak usia dini di TK Putra Pertiwi XVIII Bojonegoro menggunakan tiga tahapan dalam pelaksanaanya yaitu (a) tahap perencanaan, pada tahap ini guru merencanakan kegiatan yang akan dilakukan dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), (b) tahap pelaksanaan, pada tahap ini guru melaksanakan kegiatan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), memberikan contoh agar anak tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakannya, (c) tahap penilaian, pada tahap ini guru dapat menilaia capaian perkembangan anak melalui penialian harian dengan ceklis dan hasil karya. 2) Capaian perkembangan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan kolase di TK Putra Pertiwi XVIII Bojonegoro, pada capaian perkembangan anak sesuai dengan Standar Percapaian Perkembangan Anak tentang Motorik Halus anak usia dini yaitu (a) menggambar sesuai dengan gagasan, (c) melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan, (e) menggunting sesuai dengan pola, (f) menempel dengan tepat, dan (g) mengeksplorasikan diri melalui gerakan menggambar dengan benar dengan tepat saat ini dalam kategori berkembang sesuai harapan dan guru harus mempertahankan peningkatan ini agar menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuli Salis Hijriyani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:40
Last Modified: 10 Mar 2023 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22537

Actions (login required)

View Item View Item