ANALISIS TERHADAP KEADILAN PUTUSAN VERSTEK PERKARA IZIN POLIGAMI (STUDI PUTUSAN NOMOR 1066/PDT.G/2021/PA.PCT DI PA PACITAN)

Ayu Nurvuada, Yuanita (2023) ANALISIS TERHADAP KEADILAN PUTUSAN VERSTEK PERKARA IZIN POLIGAMI (STUDI PUTUSAN NOMOR 1066/PDT.G/2021/PA.PCT DI PA PACITAN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
101180229-YUANITA AYU NURVUADA-HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nurvuada, Yuanita Ayu. 2023. Analisis Terhadap Keadilan Putusan Verstek Perkara Izin Poligami (Studi Putusan Nomor 1066/Pdt.G/2021/PA.Pct Di PA Pacitan). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ahmad Syakirin, S.H., M.H.
Kata Kunci : Poligami, Keadilan, Verstek
Latar Belakang dari penelitian ini adalah tentang permohonan izin poligami yang diajukan oleh pemohon di Pengadilan Agama Pacitan yang dengan maksud ingin menikah lagi. Alasan-alasan yang diajukan pemohon tidak memenuhi syarat alternatif sesuai pasal 4 ayat (2) Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan dan selama berlangsungnya persidangan termohon (istri) tidak pernah hadir di persidangan. Tetapi hakim mengabulkan permohonan tersebut untuk berpoligami melalui putusan yang dijatuhkan secara verstek.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana dasar pertimbangan hakim Pengadilan Agama Pacitan dalam mengabulkan izin poligami yang diputus secara verstek pada No. 1066/Pdt.G/2021/PA.Pct? Bagaimana analisis keadilan terhadap putusan verstek perkara permohonan izin poligami No.1066/Pdt.G/2021/PA.Pct?
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pustaka (Library research) dengan menggunakan metode pendekatan normatif yaitu metode penelitian hukum yang dilakukan dengan meneliti bahan pustaka untuk menganalisa pertimbangan hakim pada putusan dan didukung juga dengan penelitian lapangan (field research) melalui wawancara. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah melalui dokumen, wawancara, dan melalui dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa pertimbangan hakim dalam memutus perkara verstek pada putusan nomor 1066/Pdt.G/2021/PA.Pct telah memenuhi semua syarat baik alternatif dan kumulatif. Dilihat dari alasan yang diajukan pemohon pada awal permohonannya yang awalnya tidak memenuhi syarat alternatif, tetapi setelahnya persidangan berlangsung persyaratan tersebut dapat terpenuhi. Adapun penerapan keadilan pada putusan verstek tersebut telah melalui berbagai pertimbangan selama persidangan sehingga putusan perkara tersebut dikabulkan dan diputus secara verstek.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:39
Last Modified: 10 Mar 2023 02:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22535

Actions (login required)

View Item View Item