..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKA SCAN, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penanaman Area Pinggiran Dalam Kerja Sama Penggarapan Sawah Di Desa Pucanganom Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun

Nur'aini Masrukah, Risma (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKA SCAN, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penanaman Area Pinggiran Dalam Kerja Sama Penggarapan Sawah Di Desa Pucanganom Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Publish Skripsi Fiks.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu bentuk kerja sama dalam Islam adalah mukhabarah dan muzara’ah. Yaitu kerja sama atas pertanian antara pemilik lahan dan penggarap. Pemilik lahan memberikan lahan kepada penggarap untuk ditanami dan dipelihara dengan imbalan tertentu (persentase) dari hasil panen. Dalam kerja sama pengelolaan sawah di desa Pucanganom, bagian pinggiran sawah dimanfaatkan oleh petani untuk ditanami berbagai macam sayuran. Tujuan dari penanaman bagian pinggiran sawah adalah sebagai penghasilan tambahan bagi pengelola tersebut. Adapun hasil dari tanaman yang di area pinggiran tersebut belum dijelaskan pada awal akad kerja sama dalam pengelolaan lahan. Dalam kerja sama tersebut, terdapat beberapa cara yang dilakukan oleh masyarakat desa Pucanganom kecamatan Kebonsari kabupaten Madiun.

Dari latar belakang di atas, penulis merumuskan masalah yang meliputi Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Akad Kerja Sama Antara Pemilik dan Penggarap sawah Di Desa Pucanganom Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun? dan Bagaimana Analisis Hukum Islam Terhadap Penanaman Area Pinggiran dalam Kerja Sama Penggarapan Sawah di Desa Pucanganom Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun?.

Adapun jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif, yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakan dalil-dalil, teori-teori atau ketentuan yang bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus.

Dari penelitian ini dapat akad kerja sama ini diperbolehkan selama dalam bermuamalah atas dasar suka sama suka, tidak ada paksaan, dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Pada implementasi dari akad tersebut bahwa petani memanfaatkan area pinggiran lahan pertanian sebagai upaya pencegahan gulma. Adapun pembagian dari hasilnya atas kerelaan pengelola sawah tanpa ada persentase secara khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Mar 2023 05:32
Last Modified: 09 Mar 2023 05:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22528

Actions (login required)

View Item View Item