Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Keunggulan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Ponorogo

Rahayu, Putriana Mulyaning (2023) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Keunggulan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206190108_PUTRIANA MULYANING RAHAYU_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM...pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rahayu, Putriana Mulyaning. 2023. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah
dalam Membangun Keunggulan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 3
Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Ponorogo, Pembimbing Nur Rahmi Sonia M.Pd.I
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Keunggulan Ekstrakurikuler
Mengembangkan potensi peserta didik terlepas dari gaya kepemimpinan
kepala sekolah selaku orang yang paling penting sebagai pelopor utama dalam
membangun keunggulan ekstrakurikuler, terutama memberikan motivasi dan
tanggung jawab kepada bawahan dalam membangun keunggulan ekstrakurikuler
di SMA Negeri 3 Ponorogo.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini : (1) Untuk Mengetahui
Bentuk Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Keunggulan
Ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Ponorogo, (2) Untuk Mengetahui dan
Menganalisis Penerapan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun
Keunggulan Ekstrakurikuler di SMA negeri Ponorogo, (3) Untuk Mengetahui dan
Menganalisis Implikasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun
Keunggulan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu
model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data dan pengambilan keputusan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Bentuk Gaya kepemimpinan kepala sekolah
dalam membangun keunggulan ekstrakurikuler di SMA Negeri Ponorogo yaitu
menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dalam memberikan dukungan,
motivasi, menggerakkan, bimbingan serta memberikan dorongan untuk mencapai
tujuan lembaga, (2) Penerapan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam
membangun keunggulan ekstrakurikuler yaitu adanya perencanaan keunggulan
ekstrakurikuler yang akan dijalankan dalam kurun waktu satu tahun ajaran.
Pembinaan ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Ponorogo didukung oleh pembina
yang ahli bidangnya, sehingga bakat yang dimiliki peserta didik dapat tersalurkan
dengan baik. Pelaksanaan ekstrakurikuler dilaksanakan pada hari jumat pada sore
setelah pembelajaran dalam kelas dan hari sabtu. Kegiatan evaluasi dilaksanakan
untuk mengetahui keterlaksanaan kegiatan keunggulan ekstrakurikuler. (3)
Implikasi dari gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap keunggulan
ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Ponorogo, (a) Mendapatkan kejuaraan prestasi
non akademik dari tingkat kecamatan, kabupaten, karesidenan, provinsi, nasional
dan internasional. (b) Sarana prasarana dan layanan, pemenuhan fasilitas
penunjang keunggulan ekstrakurikuler yang memadai. (c) Seleksi: penunjang
minat, pengelompokkan anggota, masuk dalam naungan pembina. (d) Faktor
penghambat, kurangnya minat, sarana prasarana, dana anggaran, kurang dukungan
dari orang tua, lingkungan, teman, dan waktu. Faktor pendukung, adanya
dukungan dari orang tua, teman, dana yang mencukupi, fasilitas sarana prasana
yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Rahmi Sonia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Mar 2023 05:31
Last Modified: 09 Mar 2023 05:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22527

Actions (login required)

View Item View Item