Implementasi Metode Demonstrasi Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Ekasari Krandegan Madiun

Rohmah, Hawin Shofiatul (2023) Implementasi Metode Demonstrasi Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Ekasari Krandegan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211117001_PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rohmah, Hawin Shofiatul. 2023. Implementasi Metode Demonstrasi Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Ekasari Krandegan Madiun Skripsi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuli Salis Hijriyani, M.Pd.
Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Anak Usia Dini, Kemampuan Motorik Halus
Stimulasi sangatlah penting diberikan pada anak usia dini untuk merangsang seluruh aspek perkembangan anak salah satunya fisik motorik. Fisik motorik merupakan segala sesuatu pengendalian tubuh yang dilakukan oleh saraf-saraf yang saling berkoordinasi, terdapat dua macam yaitu motorik kasar dan motorik halus. Motorik halus adalah suatu gerakan tubuh yang menggunakan otot kecil dan memerlukan koordinasi antara mata dan tangan. Di TK Ekasari Krandegan Madiun peneliti menemukan permasalahan motorik halus anak, seperti anak yang masih belum berkembang motorik halusnya dalam mengerjakan kegiatan melipat kertas dikarenakan ada beberapa faktor yaitu anak kurang konsentrasi dalam mengikuti setiap tahapan, kurang koordinasi mata dan tanggan, serta kurang stimulasi guru dan orang tuanya di rumah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) implementasi metode demonstrasi dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak di TK Ekasari Krandegan Madiun (2) faktor yang mempengaruhi dalam mengimplementasikan metode demonstrasi dalam menggembangkan kemampuan motorik halus anak usia dini di TK Ekasari Krandegan Madiun (3) capaian perkembangan motorik halus anak usia dini kelompok B melalui metode demonstrasi di TK Ekasari Krandegan Madiun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi di TK Ekasari Krandegan Madiun, wawancara dengan sumber data kepala sekolah dan guru dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) metode demonstrasi adalah metode yang diperagakan oleh guru dengan cara diperlihatkan kepada peserta didik kemudian dipraktikkan oleh peserta didik. (2) dalam mendemonstrasikan stimulasi perkembangan motorik halus diantaranya ada faktor yang mempengaruhi diantaranya faktor lingkungan, faktor bimbingan dan motivasi, faktor dipelajari satu persatu, faktor kesempatan belajar, dan model yang baik. (3) capaian perkembangan motorik halus melalui metode demonstrasi rata-rata anak berkembang sesuai harapan yang dibuktikan dengan anak menggambar sesuai imajinasinya, melakukan eksplorasi dengan berbagai media, menggunakan alat tulis dan alat makan dengan benar, menggunting sesuai dengan pola, menempel gambar dengan tepat, dan mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secararinci.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuli Salis Hijriyani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:46
Last Modified: 09 Mar 2023 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22515

Actions (login required)

View Item View Item