..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...IMPLEMENTASI STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU MADRASAH DI MAN 1 PONOROGO

Efendi, Khoirul (2022) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...IMPLEMENTASI STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU MADRASAH DI MAN 1 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
206180105_KHOIRUL EFENDI_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Efendi, Khoirul. 2022. Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Madrasah di MAN 1 Ponorogo (Studi Kasus di MAN 1 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Mukhibat M.Ag.
Kata Kunci: Implementasi Standar Pengelolaan, Mutu Madrasah, MAN 1 Ponorogo.
Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang saat ini menjadi pilihan dan dirasa memiliki banyak keunggulan. Hal tersebut disebabkan oleh adanya konsep yang seimbang dalam materi pembelajaran didalamnya antara materi umum dan materi keagamaan. Sehingga, lebih komprehensif dan menyeluruh untuk pengembangan kecerdasan dan jiwa spiritual siswa. MAN 1 Ponorogo merupakan salah satu madrasah unggulan dan pilihan di Kabupaten Ponorogo. Perolehan nilai untuk standar pengelolaan di MAN 1 Ponorogo sudah berada diatas rating minimal, kategori bagus, namun untuk mencapai kepuasan masyarakat dan menjadi lembaga favorit dibutuhkan peningkatan mutu yang dilakukan secara terus menerus. Berbagai strategi dapat dilakukan demi tercapainya peningkatan mutu yang berkualitas, salah satunya dengan implementasi standar pengelolaan telah sesuai dengan peraturan pemerintah No. 32 Tahun 2013 yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis implementasi standar pengelolaan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui proses (1). Perencanaan program madrasah (2). Pelaksanaan program madrasah (3). Pengawasan program madrasah dan (4). Implikasi program madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah di MAN 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan model pendekatan studi kasus, serta teknik pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas, serta Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana Prasarana. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triagulasi sumber dan triagulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi standar pengelolaan untuk meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 Ponorogo sesuai dengan peraturan pemerintah No. 32 Tahun 2013, yakni meliputi (1). Perencanaan program madrasah terdiri atas kegiatan menentukan tujuan madrasah berupa visi misi madrasah, melakukan analisis sumber daya dengan metode analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, Threats), membentuk program-program baik akademik maupun non akademik serta membangun komitmen kepala madrasah melalui kegiatan motivasi saat upacara dan slogan-slogan pada dinding madrasah. (2). Pelaksanaan program madrasah yang terdiri atas tahapan-tahapan diantaranya dengan pembentukan struktur organisasi, mengadakan sosialisasi kepengurusan pada seluruh anggota organisasi, pelaksanaan program-program dan menganalisis kendala-kendala pelaksanaan program. (3). Pengawasan program madrasah melalui kegiatan pemantauan, supervisi, evaluasi dan kegiatan tindak lanjut. (4). Implikasi program madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah melalui pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) diantaranya ialah dengan pencapaian standar isi, pencapaian standar proses, pencapaian standar pengelolaan, pencapaian standar pendidikan dan tenaga kependidikan, pencapaian standar lulusan, pencapaian standar sarana prasarana, pencapaian standar pembiayaan dan pencapaian standar penilaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:40
Last Modified: 09 Mar 2023 01:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22514

Actions (login required)

View Item View Item