Studi Aplikasi Pengukuran Arah Kiblat Menggunakan Mizwala Qibla Finder dan Istiwa'aini di Masjid Baitussholihihn Kelurahan Mangunsuman Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo

Bimanyu, Bimanyu (2023) Studi Aplikasi Pengukuran Arah Kiblat Menggunakan Mizwala Qibla Finder dan Istiwa'aini di Masjid Baitussholihihn Kelurahan Mangunsuman Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Bimanyu-101180029-Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Bimanyu. 2023. Studi Aplikasi Pengukuran Arah Kiblat Menggunakan Mizwala Qibla Finder Dan Istiwa’aini Di Masjid Baitussholihin Kelurahan Mangunsuman Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Novi Fitia Maliha, S.H.I.,M.H.I.
Kata Kunci: Arah Kiblat, Mizwala Qibla Finder, Istiwa’aini
Arah kiblat adalah arah yang ditunjukkan oleh lingkaran besar pada permukaan bumi yang menghubungkan titik tempat dilakukan shalat dengan letak geografis ka’bah. Penentuan arah kiblat Masjid Baitushholihin, Kelurahan Mangunsuman, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo adalah dengan Istikhoroh Kyai sepuh dan bayangan matahari. Setelah renovasi, terjadi pengukuran ulang kiblat masjid oleh Kyai Syafi’I selaku ketua masjid yang bekerja sama dengan PP Darul Huda Mayak yang diukur menggunakan teodholit. Adapun hasil arah kiblat agak serong ke utara dengan menambahi garis warna hijau karena tidak presisi dengan keramik masjid.
Rumusan masalah penelitian adalah: 1) Bagaimana kondisi awal arah kiblat Masjid Baitussholihin Kelurahan Mangunsuman kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. 2) Bagaimana kondisi arah kiblat Masjid Baitussholihin setelah diukur menggunakan mizwala qibla finder dan istiwa’aini.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara untuk mengali data dan mereduksinya. Kemudian dianalisis dengan menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini disimpulkan: 1) Posisi arah kiblat Baitussholihin yang terakhir kali diukur dengan Theodolith terletak pada posisi 2940 27’ 13.6”. 2) Posisi arah kiblat masjid Baitussholihin setelah diukur Menggunakan Mizwala Qibla Finder adalah 300o 28’ dan diukur menggunakan Istiwa’aini adalah 128o 26’ 34”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Novi Fitia Maliha
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:29
Last Modified: 09 Mar 2023 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22510

Actions (login required)

View Item View Item