...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, DAN LENGKAPI WATERMARK SESUAI PEDOMAN, UPLOAD ULANG)...Upaya Pengembangan Motivasi Spiritual melalui Kegiatan Sholawat pada Anggota Kesenian Jaranan Brandallokajaya Kelurahan Pakunden Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo

Ridho, M Sayyidul Mursid (2023) ...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, DAN LENGKAPI WATERMARK SESUAI PEDOMAN, UPLOAD ULANG)...Upaya Pengembangan Motivasi Spiritual melalui Kegiatan Sholawat pada Anggota Kesenian Jaranan Brandallokajaya Kelurahan Pakunden Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UPLOAD E THESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ridho, M Sayyidul Mursid. 2022. Upaya Pengembangan Motivasi Spiritual melalui Kegiatan Sholawat pada Anggota Kesenian Jaranan Brandallokajaya Kelurahan Pakunden Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umar Sidiq, M.Ag.
Kata kunci: Motivasi Spiritual, Kesenian Jaranan

Kesenian jaranan ini berbasis agama. Karena didirikan oleh salah satu organisasi agama yaitu Ansor Banser PAC Ponorogo yang berpusat di kelurahan Pakunden Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo. Dengan ini kesenian yang dibawakan berbeda dengan kesenian jaranan yang lain. Perbedaan jaranan Brandallokajaya dengan yang lain yaitu di kesenian jaranan ini membawakan lantunan lagu-lagu sholawat. Jadi secara tidak langsung menjadi metode dakwah bagi para penontonnya melalui lantunan lagu-lagu sholawat tersebut. Selain itu juga bisa merubah pemikiran masyarakat yang biasanya jaranan itu dianggap untuk ajang kemaksiatan ketika pementasan di sini di kesenian Brandalokajaya ini berusaha untuk merubah pemikiran tersebut menjadi kegiatan positif.
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mendeskripsikan sholawat di kesenian jaranan Brandallakojaya, 2) Untuk memaparkan dampak kegiatan sholawat di kesenian Jaranan Brandallokajaya dalam mengembangkan motivasi spiritual dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Tahapan penelitian terdiri atas tahap pra lapangan, pekerjaan lapangan, pendekatan kualitatif, pengumpulan data, analisis data, dan penulisan laporan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data , reduksi data penyajian dan kesimpulan data.
Adapun hasil penelitian adalah: 1) Pelaksanaan kegiatan sholawat di laksanakan setiap malam Jumat yang bertempat di markas Kesenian Jaranan Brandallokajaya yang anggotanya terdiri dari masyarakat sekitar dan orang-orang yang terlibat di dalam kesenian Jaranan tersebut 2) dampak dari kesenian jaranan bagi masyarakat yaitu merubah tanggapan yang sebelumnya tidak baik dalam hal penyajian sekarang menjadi baik karena terdapat lantunan sholawat yang di bawakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:28
Last Modified: 09 Mar 2023 01:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22509

Actions (login required)

View Item View Item