...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Metode Usmani dan Halaqah Talamidul Qur'an (HTQ) Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Mahasantri Ma'had Al-Jami'ah IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2022/2023

Ula, Hani' Ni'matul (2023) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Metode Usmani dan Halaqah Talamidul Qur'an (HTQ) Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Mahasantri Ma'had Al-Jami'ah IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201190090_HANI' NI'MATUL ULA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemampuan membaca al-Qur’an adalah sesuatu yang harus diutamakan atau dinomor satukan tentunya bagi generasi Islam. Selain ilmu umum, ilmu keIslaman juga sangat penting untuk dipelajari terutama ilmu tentang al-Qur’an yang merupakan petunjuk bagi umat Islam sehingga wajib bagi kita untuk mempelajari dan mengamalkannya. Namun yang terjadi, sering kita menemui mahasantri yang kemampuan membaca al-Qur’annya sangat minim padahal mereka adalah bibit yang dipersiapkan bagi masa depan agama Islam kelak. Hal ini terjadi pada mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo yang ditunjukkan oleh hasil observasi yang dilakukan sehingga perlu adanya suatu strategi atau metode untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca al-Qur’an seperti halnya adanya metode Usmani dan Halaqah Talamidul Qur’an (HTQ).
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh metode Usmani terhadap kemampuan membaca al-Qur’an mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2022/2023; 2) Mengetahui pengaruh Halaqah Talamidul Qur’an (HTQ) terhadap kemampuan membaca al-Qur’an mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2022/2023; dan 3) Mengetahui pengaruh metode Usmani dan Halaqah Talamidul Qur’an (HTQ) terhadap kemampuan membaca al-Qur’an mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2022/2023.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian kuantitatif yang datanya berupa angka-angka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus statistika yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Sampel pada penelitian ini berjumlah 108 responden. Untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan angket.
Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Metode Usmani berpengaruh sebesar 73,7% terhadap kemampuan membaca al-Qur’an mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2022/2023. 2) Halaqah Talamidul Qur’an (HTQ) berpengaruh sebesar 71,4% terhadap kemampuan membaca al-Qur’an mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2022/2023. 3) Metode Usmani dan Halaqah Talamidul Qur’an (HTQ) berpengaruh sebesar 78,3% terhadap kemampuan membaca al-Qur’an mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2022/2023.
Kata Kunci: Metode Usmani, Halaqah Talamidul Qur’an (HTQ), Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:22
Last Modified: 09 Mar 2023 01:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22506

Actions (login required)

View Item View Item