Implementasi Metode Muroja'ah Dalam Hafalan Hadits di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo

Rahayu, Syafira Putri (2023) Implementasi Metode Muroja'ah Dalam Hafalan Hadits di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201190466_SYAFIRA PUTRI RAHAYU_PAI (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hadits merupakan sumber hukum kedua umat Islam yang digunakan sebagai pedoman hidup, sehingga hadits penting untuk dihafalkan dan dipelajari utamanya pada jenjang sekolah formal. Sebab, dengan menghafal hadits siswa dapat mengetahui dasar dalam beretika sesuai hadits, menaati tata tertib dan mencari ilmu dengan sungguh-sungguh. Namun realita dari beberapa penelitian menyatakan bahwa siswa kesulitan menghafal hadits. Seperti yang ditemukan di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo, bahwa siswa kesulitan manajemen waktu dalam menyiapkan hafalan hadits, sehingga guru memberikan solusi dengan metode muroja’ah untuk mengatasi hal tersebut.
Penelitian di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo ini bertujuan untuk (1) mendeksripsikan pelaksanaan metode muroja’ah dalam hafalan hadits (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan metode muroja’ah dalam hafalan hadits.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif dengan metode studi kasus yang mengkaji suatu fenoma yang bersifat alami dan sesuai realita dengan hasil kutipan data dari guru dan siswa dalam bentuk kata-kata. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi pelaksanaan muroja’ah hafalan hadits dan dokumentasi profil sekolah. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan temuan penelitian bahwa (1) seluruh siswa mengikuti kegiatan muroja’ah hafalan hadits tanpa terkecuali di dampingi oleh guru pilihan yang berkompeten pada bidang pendidikan agama islam sehingga mampu membimbing proses muroja’ah hafalan hadits dengan baik, terdapat buku hafalan hadits siswa, terdapat pembagian level hafalan untuk memudahkan siswa menghafal sesuai kemampuannya, siswa memiliki target hafalan 300 hadits yang termuat dalam pedoman hafalan meliputi hadits arba’in Nawawi dan fadhoilul amal, evaluasi hafalan hadits yang dilaksanakan pada akhir semester termuat pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits (2) faktor pendukung pelaksanaan kegiatan muroja’ah dalam hafalan hadits adalah siswa yang tinggal di Panti Asuhan Tuna Netra Muhammadiyah juga melakukan muroja’ah hafalan hadits, jarak panti asuhan ke sekolah dekat sehingga siswa disiplin waktu, kondisi masjid sebagai tempat hafalan sangat reperesentatif, SDM yang profesional adapun faktor penghambat pelaksanaan kegiatan muroja’ah dalam hafalan hadits adalah kecerdasan siswa yang berbeda dan waktu muroja’ah yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:37
Last Modified: 08 Mar 2023 08:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22497

Actions (login required)

View Item View Item