KOMUNIKASI PENDIDIKAN USTADZ DAN SANTRI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIN TEGAL ARUM BENDO MAGETAN

Rahman, Fathur (2022) KOMUNIKASI PENDIDIKAN USTADZ DAN SANTRI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIN TEGAL ARUM BENDO MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
THESIS UPLOAD FATHURRAHMAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rahman, Fathur. 2022. Komunikasi Antarpribadi Ustadz Dan Santri Dalam Pembentukan Karakter Santri Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Tegal Arum Bendo Magetan. Pembimbing Muchlis Daroini, M.Kom.I.
Kata Kunci : Komunikasi, pendidikan, karakter
Komunikasi antar pribadi dalam sebuah lembaga pendidikan berbasis podok pesantren merupakan hal mendasar yang dilakukan sebagai sarana dalam mengetahui kepribadian dan karakter santri. Pada dasarnya komunikasi antar pribadi digunakan sebagai salah satu cara untuk mepermudah ustadz kepada santrinya sebagai penopang kelancaran dalam kegiatan pembinaan dan pengajaran yang dilakukan pada ruang lingkup pondok pesantren. Akar budaya tradisional yang kuat pada pesantren dengan segala tradisi pengajaran yang dilakukan tentu memiliki aktualisasi komunikasi dalam berbagai kegiatan dengan tujuan untuk memberikan kontrol atas perkembangan yang dicapai oleh santri. Selain itu komunikasi antar pribadi ustadz dan santri tentu memiliki dampak dalam menyelesaikan segala problematika yang ada dalam pondok pesantren khususnya terhadap santri.
Dalam proses pembelajaran yang ada dalam pondok pesantren tidak lepasa dari adanya dinamika yang berkembang sebagai wujud dalam pembentukan karakter santri. Pergaulan sosial yang terjadi merupakan imbas adanya hubungan timbal balik keseharian antar santri. Pengaruh kepribadian santri dalam pondok pesantren ternyata tidak lepas dari adanya peran ustadz yang mendampingi dalam setiap kegiatan para santri. Oleh sebab itu diperlukan pendalaman untuk membentuk karakter santri sebagai perwujudan adanya nilai-nilai komunikasi yang terjadi dalam pondok pesantren. Bagaimana pendekatan komunikasi antar pribadi ustadz dan santri dalam pembentukan karakter santri? Bagaimana proses pembentukan karakter santri pondok pesantren? Menjadi menarik untuk diteliti.
Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan melakukan observasi langsung, melakukan wawancara, dan mencari data-data pendukung, seperti data-data pondok pesantren yang meliputi visi-misi, kurikulum, dan bentuk progam kegiatan yang dilakukan pada pondok pesantren untuk menunjang dalam kegiatan pembelajaran santri.
Dalam penelitian ini peneliti mendapatkan bentuk komunikasi antarpribadi ustadz dan santri dalam pembentukan karakter santri. Adapun pendekatan yang dilakukan yakni, pendekatan kultural, pendekatan sosiologis, dan pendekatan psikologis. Dalam penerapan dilapangan tentu proses komunikasi yang terjadi tidak terlepas dari adanya pendekatan-pendekatan yang baik, yang dilakukan oleh seluruh keluarga pada pondok pesantren. Hal tersebut tentu merupakan cara-cara yang digunakan dalam membentuk karakter santri pada pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:47
Last Modified: 08 Mar 2023 07:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22492

Actions (login required)

View Item View Item