Manajemen Pengembangan Karir Peserta Didik Melalui Teaching Factory (TEFA) di SMK Yosonegoro Magetan

Mujiono, Mujiono (2023) Manajemen Pengembangan Karir Peserta Didik Melalui Teaching Factory (TEFA) di SMK Yosonegoro Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
206190048_MUJIONO_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mujiono, 2023. Manajemen Pengembangan Karir Peserta Didik Melalui Teaching Factory di SMK Yosonegoro Magetan. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo. Dosen Pembimbing: Panggih Wahyu Nugroho M.Pd.
Kata Kunci : Manajemen, Pengembangan Karir, Peserta Didik, Teaching Factory

Di masa berkembang seperti pada masa sekarang ini, pendidikan sangat berperan penting dalam perkembangan peserta didik. Pendidikan ini ditujukan dengan berbagai kemudahan untuk meningkatkan pengetahuan setiap peserta didik, yaitu peningkatan mutu pendidikan, sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan, karena tujuan dari pendidikan tersebut mengutamakan kualitas peserta didik. Dalam suatu pendidikan terdapat dua hal yang sangat penting yaitu kualitas dan kuantitas. Karena banyak lembaga pendidikan yang mengharapakan keberhasilan kualiatas maupun kuantitas tersebut.
Peneliti mengadakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan pengembangan karir peserta didik melalui Teaching factory (TEFA). (2) Pelaksanaan pengembangan karir peserta didik melalui Teaching factory (TEFA). (3) Evaluasi pengembangan karir peserta didik melalui Teaching factory (TEFA).
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunkan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan teknik ini yang dipih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data untuk menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Perencanaan pengembangan karir peserta didik melalui TEFA yaitu dengan melalui perekrutan dan eksplorasi yaitu dengan eksplorasi peserta didik yang bertujuan untuk mengenalkan program TEFA kepada peserta didik. Eksplorasi karir peserta didik yaitu pengenalan secara dasar kepada peserta didik terkait program pembelajaran TEFA di SMK Yosonegoro. Dimana pengenalan ini akan bermanfaat bagi peserta didik karena peserta didik akan mengetahui terlebih dahulu apa itu tefa dan bagaimana sistem kerja yang dilakukan di TEFA. Dalam perekrutan peserta didik yang di lakukan oleh pihak sekolah, pihak sekolah bekerja sama dengan kompetensi keahlian dari Teknik permesinan (TP), pihak sekolah mengutamakan peserta didik yang berasal dari jurusan teknik permesinan tersebut untuk masuk ke TEFA. (2) Dalam proses pelaksanaan TEFA di SMK Yosonegoro dibagi menjadi tiga shit dalam satu hari, yaitu shif pertama dimulai pukul 08.00-16.00 WIB, shift yang ke dua dimulai dari pukul 16.00-24.00 WIB, dan shift yang ke tiga dimulai dari pukul 24.00-08.00 WIB. Jadi peserta didik akan masuk TEFA secara bergantian karena mesin beroperasi selama 24 jam full. Proses pembelajaran TEFA di SMK Yosonegoro yaitu para peserta didik yang berada di dalam TEFA, bekerja atau melakukan proses produksi sesuai dengan arahan pembimbing dan sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan. Dalam proses evaluasi pengembangan karir peserta didik melalui TEFA di SMK Yosonegoro yaitu para peserta didik setelah lulus dari TEFA akan direkrut oleh PT Chemko yang sudah bekerja sama dengan TEFA di SMK Yosonegoro ketika dari pihak PT Chemko tersebut mengadakan perekrutan karyawan baru maka akan mengutamkan peserta didik yang berasal dari TEFA. Tujuan adanya dari evaluasi ini yaitu untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas yang dimiliki oleh peserta didik agar setelah lulus dari TEFA tersebut peserta didik sudah siap untuk bekerja sesuai keinginan para peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Panggih Wahyu Nugroho
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:45
Last Modified: 08 Mar 2023 07:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22484

Actions (login required)

View Item View Item