Manajemen Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Siswa Kelas XII di SMAN 2 Ponorogo

Ghibran, M. Ghali (2023) Manajemen Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Siswa Kelas XII di SMAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
206190148_M. Ghali Ghibran_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ghibran, M. Ghali. 2023. Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Siswa Kelas XII di SMAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Panggih Wahyu Nugroho,M.Pd.

Kata Kunci: Manajemen Bimbingan dan Konseling, Pelanggaran Tata Tertib, SMAN 2 Ponorogo.
Manajemen bimbingan dan konseling merupakan sebuah proses dalam mengatur sesuatu yang dilakukan sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai suatu tujuan organisasi tersebut dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Hal ini merupakan sebuah proses bantuan atau pertolongan yang diberikan oleh pembimbing kepada individu melalui pertemuan tatap muka atau hubungan timbal balik antara keduanya, agar individu memiliki kemampuan atau kecakapan melihat dan menemukan masalahnya serta mampu memecahkan masalahnya sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Perencanaan Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Siswa Kelas XII di SMAN 2 Ponorogo; (2) Pelaksanaan Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Siswa Kelas XII di SMAN 2 Ponorogo; dan (3) Evaluasi Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Siswa Kelas XII di SMAN 2 Ponorogo.
Adapun Penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Penentuan subjek penelitiannya menggunakan teknik purposive. Analisis datanya yaitu analisis data di lapangan (field research). Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu terdapat proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dalam program Manajemen Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Siswa Kelas XII di SMAN 2 Ponorogo diantaranya (1) Perencanaan program dilakukan dengan melakukan assesmen kebutuhan, penetapan dasar perencanaan, proyeksi dan perkiraan, analisis kelayakan, evaluasi, dan implementasi program. (2) Pelaksanaan program dilaksanakan oleh kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, guru mapel, petugas piket, tim tata tertib, wali kelas, dan guru BK. Proses pelaksanaan program dilakukan dengan menentukan siapa yang akan melaksanakan, menetapkan lokasi pelaksanaan, dan menentukan waktu dimulainya pelaksanaan. Langkah yang ditempuh guru BK yaitu memberikan konseling individual, melibatkan masyarakat, dan melakukan kunjungan rumah (home visits). (3) Evaluasi program terdapat dua cara yang dilakukan guru BK di SMAN 2 Ponorogo yaitu mengevaluasi proses dan mengevaluasi hasil dari program.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Panggih Wahyu Nugroho
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:43
Last Modified: 08 Mar 2023 07:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22482

Actions (login required)

View Item View Item