..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH BERPIKIR POSITIF TERHADAP TINGKAT STRES MAHASISWA BPI IAIN PONOROGO

Ela halima, Hayatizen and Mayrina Eka, Prasetyo Budi (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH BERPIKIR POSITIF TERHADAP TINGKAT STRES MAHASISWA BPI IAIN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BARU ELA-3 edit baru lagi dan lagi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hayatizen, Ela halima. 2022. Pengaruh Berpikir Positif Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah. Pembimbing Mayrina Eka Prasetyo Budi, M,Psi.

Stress merupakan masalah umum yang terjadi dalam kehidupan umat manusia. Stress yang ada saat ini adalah sebuah atribut kehidupan yang modern. Hal ini dikarenakan stress sudah menjadi bagian dari hidup yang tidak bisa terhindarkan. Stres bisa dialami oleh siapapun termasuk mahasiswa. Sumber masalah mahasiswa mengalami stres adalah salah satunya permasalahan akademik. Adanya kesenjangan antara apa yang terjadi dengan kenyataan yang ada terkait dengan stres mahasiswa. Salah satu cara yang dapat mengurangi stres pada mahasiswa adalah dengan berpikir positif.
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana. regresi linier sederhana adalah teknik yang digunakan untuk memperoleh model hubungan sebab akibat antara satu variabel independen (X) dengan satu variabel dependen (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Ponorogo kurang lebih 224 dengan sampel 105 mahasiswa sehingga metode sampling yang di gunakan adalah probability sampling dengan memberikan kesempatan yang sama bagi setiap anggota sampel. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji instrument, uji asumsi, uji statistik , dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara berpikir positif terhadap tingkat stres mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam, dengan nilai regresi signifikasi (p) 0,000 0,5 yang artinya terdapat pengaruh berpikir positif terdapat tingkat stres mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Ponorogo. Semakin tinggi tingkat berpikir positif maka semakin rendah tingkat stres mahasiswa begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mayrina Eka Prasetyo Budi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:11
Last Modified: 08 Mar 2023 03:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22470

Actions (login required)

View Item View Item