POLA KOMUNIKASI ANTAR UMAT BERAGAMA UNTUK MEMPERERAT KERUKUNAN DI PESANGGRAHAN “ADYATMA JATI WIJAYA” DESA MATEGAL KECAMATAN PARANG MAGETAN

Setiyoningtias, Hesti (2023) POLA KOMUNIKASI ANTAR UMAT BERAGAMA UNTUK MEMPERERAT KERUKUNAN DI PESANGGRAHAN “ADYATMA JATI WIJAYA” DESA MATEGAL KECAMATAN PARANG MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
302190089_Hesti Setiyoningtias_KPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Setiyoningtias, Hesti. 2023. Pola Komunikasi Antar Umat Beragama Untuk Mempererat Kerukunan Di Pesanggrahan “Adyatma Jati Wijaya” Desa Mategal Kecamatan Parang Magetan. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Galih Akbar Prabowo, M.A.
Kata Kunci : Pola Komunikasi, umat beragama, Kerukunan.

Toleransi menjadi hal yang sangat penting. Kurangnya toleransi menyebabkan perpecahan dan kerenggangan antar umat beragama. Olah karena itu dibutuhkan wadah untuk menampung, meluruskan dan memecahkan masalah tanpa mengingkari masing-masing kaidah beragama. Salah satu tempat yang bisa dijadikan wadah adalah sebuah pesanggrahan, salah satu pesanggrahan yang terletak di Desa Mategal Kecamatan Parang Magetan memliki tujuan untuk meluruskan pola pikir masyarakat agar tidak terjadi perpecahan dan juga menjadi kerukunan antar umat beragama. Pesanggrahan ini diberi nama “ADYATMA JATI WIJAYA”
Fokus permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana pola komunikasi antar umat beragama untuk mempererat kerukunan di Pesanggrahan “ADYATMA JATI WIJAYA” Desa Mategal Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis pola komunikasi dan untuk mendeskripsikan hambatan komunikasi yang digunakan antar umat beragama untuk mempererat kerukunan di Pesanggrahan “ADYATMA JATI WIJAYA” Desa Mategal Kecamatan Parang Magetan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah masyarakat di Dukuh Gangsiran Kecamatan Parang Magetan. Teknik penentuan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antar umat beragama di Pesanggrahan “ADYATMA JATI WIJAYA” Desa Mategal Kecamatan Parang Magetan memiliki hubungan yang rukun. Komunikasi yang digunakan oleh masyarakat Desa Mategal dengan para pengurus pesanggrahan menggunakan berbagai pola komunikasi. Pola komunikasi yang digunakan adalah, primer (bertatap muka langsung), sekunder (melalui media komunikasi radio), linear (komunikasi satu arah menggunakan radio), dan sirkular (dibutuhkan feedback atau umpan balik). Dalam berkomunikasi tentunya ada hambatan yang dialami para pengurus pesanggrahan. Hambatan komunikasi yang dialami adalah, semantik (kesalahan penafsiran yang membuat terjadinya perbedaan pendapat), dan teknis (kurangnya sarana prasarana dalam proses komunikasi).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Mar 2023 05:15
Last Modified: 08 Mar 2023 05:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22467

Actions (login required)

View Item View Item