..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Pandangan Dosen IAIN Ponorogo Terhadap Sanksi Kebiri Kimia Perspektif Istinbath Hukum Islam

Putra, Sukma Arohman (2023) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Pandangan Dosen IAIN Ponorogo Terhadap Sanksi Kebiri Kimia Perspektif Istinbath Hukum Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sanksi kebiri kimia adalah sanksi tambahan yang tercantum dalam Undang Undang Nomor 17 tahun 2016 tentang perlindungan anak. Sanksi tersebut adalah pemberian zat kimia ke alat kelamin untuk menekan libido atau gairah seksual sesorang. Tetapi setelah ditinjau lebih jauh ternyata hadirnya sanksi ini tidak serta merta mendapat dukungan dan justru mendapat banyak penolakan.
Munculnya penolakan penolakan atas sanksi ini datang dari berbagai kalangan. Penolakan tersebut datang dari Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Majelis Permusyawaatan Ulama (MPU) Aceh, dan aktivis aktivis hukum dan sosial. Bahwa sanksi kebiri adalah sanksi yang tidak memiliki dasar dan sanksi yang hanya menyiksa tubuh seseorang. Serta tak terkecuali dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Mereka menganggap bahwa sanksi kebiri kimia adalah sanksi yang tidak sesuai dengan kode etik kedokteran. Dari fenomena tersebut muncul pertanyaan bagaimana pandangan dosen IAIN Ponorogo terhadap saksi kebiri kimia perspektif istinbath hukum islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif (lapangan) dengan metode pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Lokasi untuk penelitian berada di wilayah kampus IAIN Ponorogo. Dari data yang diperoleh selanjutnya proses analisis data dan pengecekan keabsahan data. Sehingga dengan proses semacam ini dapat diperoleh kesimpulan sebagai jawaban atas dua pertanyaan di atas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharil Umami
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:06
Last Modified: 08 Mar 2023 01:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22464

Actions (login required)

View Item View Item