..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Pelaksanaan Baca Tulis Al-Quran Metode Utsmani Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Quran Santri TPA Baiturrahman Desa Munggung Kecamatan Pulung

Setiawan, Ferry (2023) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Pelaksanaan Baca Tulis Al-Quran Metode Utsmani Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Quran Santri TPA Baiturrahman Desa Munggung Kecamatan Pulung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Setiawan, Ferry. 2023. Pelaksanaan Baca Tulis Al-Quran Metode Utsmani Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Quran Santri TPA Baiturrahman Desa Munggung Kecamatan Pulung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Kharisul Wathani, M.Pd. I.
Kata Kunci: Kualitas Baca al-Quran, Kualitas Menulis al-Quran, Metode Utsmani
Permasalahan yang ada di TPA Baiturrahman Desa Munggung adalah rendahnya kualitas membaca al-Quran, santri belum mengetahui makharijul huruf dan tajwid yang benar; Kualitas menulis al-Quran santri juga masih rendah. santri tidak terampil menulis huruf hijaiyah yang ditulis secara tunggal maupun berangkai. Hal ini menyebabkan penguasaan santri terhadap bacaan dan tulisan al-Quran masih rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka pengurus TPA Baiturrahman Desa Munggung memutuskan untuk menerapkan metode utsmani dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-Quran. Keunggulan metode utsmani adalah pembelajaran dilakukan secara individual, sehingga proses penyampaian materi kepada para santri lebih maksimal.
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran metode utsmani dalam meningkatkan kualitas membaca al-Quran santri TPA Baiturrahman Desa Munggung, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran metode utsmani dalam meningkatkan kualitas menulis al-Quran santri TPA Baiturrahman Desa Munggung.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Miles & Huberman dan Saldana dengan tahapan berupa kondesasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran metode utsmani menghasilkan santri yang sudah mampu membaca huruf dan ayat-ayat al-Quran sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Dalam meningkatkan kualitas membaca al-Quran santri TPA Baiturrahman dilakukan dengan memberikan materi jilid pemula sampai jilid tujuh. seperti Jilid dua diperuntukkan santri usia 3-6 tahun, yang fokus mengajarkan cara membaca huruf tunggal yang berharokat. Jilid lima diperuntukkan santri usia 10-12 tahun yang fokus mengajarkan tatacara membaca fawatihussuwar dan waqof. Pelaksanaan pembelajaran metode utsmani dalam meningkatkan kualitas menulis al-Quran santri TPA Baiturrahman Desa Munggung dilakukan dengan memberikan materi menulis al-Quran secara individual. Santri maju satu per satu untuk menulis di papan tulis yang telah disediakan ustadz. Kegiatan ini menghasilkan santri yang mampu menulis huruf al-Quran baik tunggal maupun huruf-huruf yang dirangkai dalam satu ayat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Mar 2023 00:56
Last Modified: 08 Mar 2023 00:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22452

Actions (login required)

View Item View Item