Nilai-Nilai Karakter dalam Novel Cahaya Cinta Pesantren Karya Ira Madan dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah

Nurhidayah, Rahmawati Eka (2023) Nilai-Nilai Karakter dalam Novel Cahaya Cinta Pesantren Karya Ira Madan dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201190444_RAHMAWATI EKA NURHIDAYAH_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nurhidayah, Rahmawati Eka. 2023. Nilai-Nilai Karakter dalam Novel Cahaya Cinta Pesantren Karya Ira Madan dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Nur Kolis, S.Ag., M.Ag., Ph.D.
Kata Kunci: Nilai Karakter, Novel Cahaya Cinta Pesantren, Akidah Akhlak MTs Kelas VIII
Perkembangan informasi dan teknologi di zaman yang semakin maju ini, justru moral, adab maupun karakter religius generasi muda semakin mengalami keguncangan. Keguncangan tersebut dapat dilihat dari maraknya generasi muda yang lebih mengindahkan kepentingan duniawinya dibandingkan kepentingan ukhrawi. Sebagai langkah pencegahannya, generasi muda usia kelas VIII tingkat pendidikan dasar perlu selalu didekatkan pada ajaran agama, moral, adab maupun akhlak baik melalui proses pendidikan di sekolah maupun pengalaman di luar sekolah. Ajaran agama bagi generasi muda di luar sekolah dapat diinternalisasikan melalui media yang relevan, misalnya, novel. Novel yang baik pastinya mengandung peran, perwatakan, maupun nilai-nilai karakter positif yang dapat dijadikan pembelajaran bagi generasi muda. Salah satu novel yang dapat dijadikan pembelajaran mengenai nilai-nilai karakter yang baik adalah Novel Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) nilai-nilai karakter yang terkandung dalam novel Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan dan (2) relevansi nilai-nilai karakter yang terkandung dalam novel Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan dengan materi Akidah Akhlak kelas VIII Madrasah Tsanawiyah.
Penelitian kepustakaan (library research) ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah novel Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan dan buku Akidah Akhlak kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian ini menemukan: (1) Nilai-nilai karakter dalam novel Cahaya Cinta Pesantren meliputi nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. (2) Nilai-nilai karakter dalam novel Cahaya Cinta Pesantren relevan dengan materi Akidah Akhlak kelas VIII Madrasah Tsanawiyah, meliputi Nilai karakter berbakti kepada kedua orang tua relevan dengan pembahasan mengenai adab seorang muslim terhadap orang tua. Nilai karakter sabar relevan dengan pembahasan mengenai akhlak terpuji ikhtiar, tawakal, sabar, syukur, dan qana’ah. Nilai karakter bersyukur relevan dengan pembahasan mengenai akhlak terpuji ikhtiar, tawakal, sabar, syukur, dan qana’ah. Nilai karakter toleransi relevan dengan pembahasan mengenai akhlak terpuji tasamuh. Nilai karakter kerja keras relevan dengan pembahasan mengenai akhlak terpuji ikhtiar. Nilai karakter peduli sosial berupa tolong-menolong relevan dengan pembahasan mengenai akhlak terpuji ta’awun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Mar 2023 00:55
Last Modified: 08 Mar 2023 00:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22449

Actions (login required)

View Item View Item