Manajemen Program Adiwiyata dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Bagi Siswa MTs Negeri 3 Ponorogo

Novitasari, Fifi Dwi (2023) Manajemen Program Adiwiyata dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Bagi Siswa MTs Negeri 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
206190027_FIFI DWI NOVITASARI_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Novitasari, Fifi Dwi. 2023. Manajemen Program Adiwiyata dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Bagi Siswa di MTs Negeri 3 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Athok Fu’adi, M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen, Program Adiwiyata, Karakter Peduli Lingkungan Bagi Siswa, MTs Negeri 3 Ponorogo.
Mengembangkan kehidupan yang berwawasan lingkungan tidaklah mudah, dibutuhkan sarana dan prasarana yang tepat dan dilaksanakan secara berkesinambungan dalam waktu yang panjang. Pendidikan dianggap sebagai jalur yang paling tepat dalam menanamkan kesadaran kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga lingkungan. Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kemendikbud mengembangkan pendidikan lingkungan melalui Program Adiwiyata. Program Adiwiyata ini adalah program untuk mewujudkan sekolah/madrasah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Program adiwiyata ini dalam upaya pelestarian lingkungan diterapkan di madrasah untuk menciptakan kesadaran warga madrasah dan membentuk karakter peduli lingkungan. Karakter peduli lingkungan merupakan karakter yang wajib diimplementasikan bagi madrasah. Dengan program ini nantinya akan berdampak pada generasi bangsa yang lebih menghargai lingkungannya.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis implementasi manajemen program adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan bagi siswa di MTs Negeri 3 Ponorogo mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber datanya diperoleh dari informan dan datanya berkaitan langsung dengan pembahasan skripsi. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Perencanaan program adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan bagi siswa MTs Negeri 3 Ponorogo yaitu dengan merencanakan kegiatan-kegiatan yang berwawasan lingkungan, seperti kegiatan jumat bersih, pengelolaan sampah, piket kelas, perlombaan antar kelas. (2) Pelaksanaan program adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan bagi siswa MTs Negeri 3 Ponorogo yaitu melalui tiga prinsip dan komponen dari program adiwiyata. (3) Evaluasi program adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan bagi siswa MTs Negeri 3 Ponorogo yaitu dilihat dari sikap dan perilaku siswa dalam kegiatan sehari-hari, dilakukan evaluasi dengan tim pokja selama satu bulan sekali dan untuk tim adiwiyata dilakukan satu tahun sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fua'di
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Mar 2023 00:54
Last Modified: 08 Mar 2023 00:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22448

Actions (login required)

View Item View Item