..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..PENGGUNAAN BAHASA KRAMA INGGIL DALAM PENYIFATAN ALLAH (Kajian Sosiolinguistik dan Pragmatik dalam Tafsir Al-Qur'an Al-Ibriz Karya Bisri Mustofa)

Maghfiroh, Anisa Yaumil (2023) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..PENGGUNAAN BAHASA KRAMA INGGIL DALAM PENYIFATAN ALLAH (Kajian Sosiolinguistik dan Pragmatik dalam Tafsir Al-Qur'an Al-Ibriz Karya Bisri Mustofa). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan menggunakan bahasa Arab. Terlepas dari itu, walaupun sudah diterjemahkan menjadi bahasa manusia namun tidak langsung bisa dipahami. Seiring dengan berkembangnya zaman dan ilmu pengetahuan, perkembangan tafsir pun juga semakin maju sehingga banyak yang menafsirkan dengan bahasa daerah seperti Bahasa Jawa dan Madura. Salah satu kitab tafsir Bahasa Jawa adalah Kitab Tafsir Al-Ibriz yang mana dalam penulisannya Bisri Mustofa sangat memperhatikan peraturan penggunaan bahasa Jawa. Bahasa Jawa dengan segala keunikannya membantu Bisri Mustofa untuk berdakwah lewat karyanya. Bisri Mustofa menggunakan bahasa krama ketika menyifati Allah.
Penelitian ini membahas tentang bagaimana bentuk penyifatan Allah dalam kitab Tafsir Al-Ibriz dan menjelaskan bagaimana kajian sosiolinguistik dan pragmatiknya lalu dikaitkan dengan kehidupan sosial masyarakat. Penelitian bersifat kepustakaan (library research) yang sumber primernya adalah kitab Tafsir Al-Ibriz dan sumber sekundernya adalah buku-buku, artikel-artikel, jurnal-jurnal yang di dalamnya mengungkap pembahasan tentang penggunaan bahasa krama dalam tafsir Al-Ibriz, jurnal-jurnal ilmiah dan literatur lainnya yang berhubungan dengan tema yang penulis angkat sebagai penelitian ini. Data diperoleh dengan metode dokumentasi kemudian diolah dengan menggunakan metode deskriptif-analitis, yaitu menyusun data dalam bentuk deskripsi kemudian disertai dengan analisis terhadap data yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan kajian teori sosiolinguistik dan pragmatik.
Ditinjau dengan teori sosiolinguistik penggunaan bahasa krama dalam penyifatan Allah dalam Tafsir Al-Ibriz merupakan alih kode yang berwujud tingkat tutur dari Bahasa Jawa ngoko ke Bahasa Jawa krama. Faktor yang menyebabkan adanya alih kode ini adalah adanya prinsip kesopanan dan kesantunan. Sedangkan jika ditinjau dengan teori pragmatik penggunaan bahasa krama dalam tafsir ini menggunakan parameter tingkat tindak tutur. Parameter tingkat peringkat tindak tutur ini bisa disebut dengan rank rating. Parameter ini didasarkan pada kedudukan relatif antara tindak tutur yang satu dengan tindak tutur yang lainnya. Bisri Mustofa dalam menulis tafsirnya menggunakan bahasa krama dalam penyifatan Allah dan kata kerjanya karena kedudukan Allah merupakan kedudukan tertinggi. Relevansi penggunaan bahasa krama inggil dalam Tafsir Al-Ibriz dengan konstruksi nilai-nilai sosial masyarakat Jawa yaitu masyarakat Jawa dapat menerapkan bahasa Jawa krama sebagai sarana dalam menanamkan nilai-nilai kesopanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing Uswatul Hanifa, M. S. I.
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Mar 2023 00:53
Last Modified: 08 Mar 2023 00:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22443

Actions (login required)

View Item View Item